Hankam

21.268 Personel TNI-Polri Amankan PON XX Papua

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono menyatakan situasi Papua menjelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua dalam kondisi kondusif.

“Alhamdulillah situasi kondusif,” kata Rusdi di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat 1 Oktober 2021, dikutip dari Tempo.co, Jumat (1/10/2021). 

PON XX Papua dibuka Presiden RI Joko Widodo hari ini, Sabtu (2/10/2021). PON akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021.

Untuk menjaga keamanan perhelatan pesta olahraga empat tahunan itu, kata Rusdi, Polri menggelar operasi pengamanan dengan sandi “Operasi Deraku Cartenz 2021”. Operasi ini berlangsung selama perhelatan PON XX Papua dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Ilustrasi TNI dan Polri. (Foto: AEOMedia)

“Untuk PON XX Papua, Polri menggelar Operasi Deraku Cartenz 2021 bersama TNI dan rekan-rekan terkait dan juga mitra Polri lainnya,” tutur Rusdi.

Rusdi menambahkan, segala kegiatan menjelang pembukaan PON XX Papua sedang berjalan, dan Polri telah mengantisipasi serta mempersiapkan segala hal terkait pengamanan termasuk pengawasan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami berharap aktivitas olahraga nasional di Papua bisa berjalan dengan lancar, sukses dan aman. Siap semuanya di sana,” ujar Rusdi.

Setidaknya ada 21.268 personel gabungan TNI-Polri telah dikerahkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama perhelatan PON XX Papua. 

PON XX Papua berlangsung di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke pada 2-15 Oktober 2021.

Ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PON XX, dan perlombaan itu diikuti oleh sekitar 10.000 atlet serta staf/ofisial dari 34 provinsi di Indonesia.

Pembukaan PON XX yang akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe pada 2 Oktober 2021, rencananya akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo.

Comment here