Hankam

40 Pamen TNI AU Selesaikan Pendidikan

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Sebanyak 40 perwira menengah (pamen) TNI Angkatan Udara berpangkat kolonel sukses menyelesaikan pendidikan reguler Angkatan ke-48 Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI Tahun 2021, Kamis (16/9/2021). 

Adapun pelaksanaan upacara penutupan pendidikan digelar secara virtual dari Aula Gatot Subroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta. Pelaksanaan upacara diikuti oleh perwakilan  enam Perwira Siswa (Pasis) Sesko TNI, sementara pasis lainnya mengikutinya secara virtual di Kampus Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat.

Pada upacara tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, menekankan kepada seluruh lulusan agar memperkuat karakter dan jati diri sebagai perwira.

“Itulah mengapa sejak kecil kita diajari adab terlebih dahulu sebelum ilmu. Knowledge is power but character is more,” ujar Panglima TNI

Upacara penutupan pendidikan reguler XLVIII Sesko TNI TA 2021. (Foto: Dinas Penerangan TNI AU)

Panglima TNI juga mengingatkan seluruh perwira lulusan Sesko TNI bahwa situasi pandemi yang masih melanda Indonesia saat ini tidak menghilangkan ancaman terhadap kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan bangsa, akan tetapi membuka spektrum ancaman baru yang harus dihadapi.

Menurut Panglima TNI, tantangan tersebut memiliki satu kesamaan, yaitu dibutuhkannya sinergi yang baik dari seluruh instansi dan seluruh komponen masyarakat, dan para perwira TNI diharapkan menjadi penjuru profesionalisme dan sinergi, termasuk dengan negara-negara lain di dunia.

“Terus bangun komunikasi yang baik dengan rekan-rekan perwira Polri dan perwira mancanegara. Dengan komunikasi yang baik, maka koordinasi dan kolaborasi dalam pelaksanaan tugas akan berjalan optimal,” harap Hadi Tjahjanto yang juga mantan KSAU itu.

Pada bagian akhir sambutannya, Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Sivitas Akademika Sesko TNI, para orang tua asuh Pasis negara sahabat, serta seluruh pendukung atas terselenggaranya pendidikan reguler Angkatan ke-48 Sesko TNI 2021 dengan baik.

Tahun ini, Sesko TNI berhasil meluluskan sebanyak 200 perwira, terdiri dari 75 perwira TNI AD, 50 perwira TNI AL, 40 perwira TNI AU dan 31 perwira Polri, serta 4 perwira negara sahabat. Lama pendidikan selama lebih kurang 7,5 bulan. Empat perwira negara sahabat tersebut berasal dari Malaysia, Singapura, Pakistan dan Madagaskar.

Pada kesempatan upacara penutupan pendidikan ini, KSAU juga  menyerahkan penghargaan kepada Kolonel Inf Dwi Sasongko yang berhasil menjadi lulusan terbaik dan berhak memperoleh trofi penghargaan Wira Adi Nugraha.

Penghargaan juga diserahkan KSAU kepada lulusan terbaik tiap-tiap angkatan, baik TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri serta lulusan terbaik dari mancanegara. Sementara terpilih sebagai penulis karya tulis terbaik tahun ini adalah Kolonel Inf Kurniawan.

Lulusan terbaik dari TNI AU pada Angkatan ke-48 Sesko TNI ini adalah Kolonel Pnb Fata Patria, alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1998 yang sebelumnya menjabat sebagai Danwing I Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Turut hadir pada upacara penutupan pendidikan ini sejumlah pejabat utama TNI, di antaranya  Koorsahli Panglima TNI, Asrenum Panglima TNI, Kapuspen TNI, Asops Panglima TNI, Aspers Panglima TNI, Aster Panglima TNI, Waasintel Panglima TNI, dan Waaskomlek Panglima TNI.

Comment here