Hankam

Albatros Ausindo 2021: TNI AU Tingkatkan Kemampuan Patroli Maritim

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Dalam rangka meningkatkan kemampuan patroli maritimnya, TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan pesawat Boeing 737 Intai Strategis dalam rangka Latihan Bersama (Latma) Albatross Ausindo 2021 dengan Royal Australian Air Force (RAAF) di Lapangan Udara (Lanud) El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (21/9/2021). 

Pesawat Boeing 737 Intai Strategis dengan nomor ekor atau tail number AI-7302 terbang dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, dan tiba di Lanud El Tari pada hari Senin (20/9/2021). Latma Albatross Ausindo dibuka di Lanud El Tari, dihadiri oleh Komandan Lanud El Tari Marsekal Pertama (Marsma) TNI Umar Fathurrohman, Atase Udara Australia Cal Harrison, dan Komandan Skadron Udara 5 Letkol Pnb Agung Hartanto.

Albatros Ausindo 2021 RAAF TNI AD. (Foto: Dispen AU)

Kegiatan hari pertama pelaksanaan Latma Albatros Ausindo 2021 ialah pesawat TNI AU melaksanakan patroli maritim dengan saling bertukar target di koordinat yang telah ditentukan di wilayah perairan bagian selatan dari Kupang.  Sedangkan pesawat P-8 A Poseidon dari Wing 92 Pangkalan Udara Edinburgh RAAF melaksanakan take off dari Darwin, Australia, menuju area sasaran dengan waktu yang telah ditentukan oleh kedua negara.

Kegiatan Latma yang diselenggarakan dari tanggal 20 hingga 23 September 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan patroli maritim antar-angkatan udara kedua negara, mempererat  kerja sama bilateral internasional antar-dua negara, dan meningkatkan deteksi dini di wilayah udara dalam wujud pencapaian keamanan bersama.

Comment here