Hukum

Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Penuhi Panggilan KPK

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id –  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Jakarta Timur. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi juga memenuhi panggilan penyidik KPK.

“Pada pagi hari ini saya memenuhi undangan untuk memberikan keterangan sebagai warga negara yang ingin ikut serta di dalam memastikan tata kelola pemerintahan berjalan dengan baik, maka saya datang memenuhi panggilan,” kata Anies di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, dikutip dariĀ detik.com, Selasa (21/9/2021).

Anies terlihat mengenakan baju dinas berwarna cokelat. Dia berharap keterangan yang diberikannya akan membuat perkara ini lebih terang-benderang. “Saya berharap nantinya keterangan yang saya berikan akan bisa membantu tugas KPK di dalam menuntaskan persoalan korupsi yang sedang diproses. Jadi saya akan menyampaikan semua yang dibutuhkan, semoga itu bermanfaat bagi KPK,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Suara.com)

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi sudah lebih dulu tiba di KPK. Dia juga akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus yang sama. Prasetio tampak mengenakan masker berkelir merah-putih. Tak ada keterangan apa pun yang disampaikan Prasetio kecuali acungan jempol.

Pemeriksaan keduanya berkaitan dengan tersangka mantan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Sarana Jaya Yoory Corneles Pinontoan (YRC). Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri belum bicara banyak mengenai peran dari Anies maupun Prasetio dalam perkara dugaan korupsi ini.

“Pemanggilan seseorang sebagai saksi, tentu atas dasar kebutuhan penyidikan sehingga dari keterangan para saksi perbuatan para tersangka tersebut menjadi lebih jelas dan terang,” ujar Ali.

“Saat ini, tim penyidik terus melengkapi berkas perkara tersangka YRC dkk dengan masih mengagendakan pemanggilan dan pemeriksaan sejumlah saksi,” sambungnya.

 

Comment here