Sport

Atlet-atlet Disabilitas Mampu Banggakan Negara

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Angkie Yudistia, menyampaikan apresiasi terhadap atlet-atlet Indonesia yang telah berjuang di Paralimpiade Tokyo 2020. Menurut dia, prestasi yang diraih para atlet sangat membanggakan lantaran jumlah medali Indonesia di paralimpiade tahun ini meningkat. “Bahkan kita memeroleh dua medali emas selepas 41 tahun keikutsertaan di Paralimpiade,” kata Angkie melalui keterangan tertulis seperti dilansir Kompas.com, Senin (6/9/2021).

“Ini menunjukkan, atlet-atlet disabilitas Indonesia memiliki kemampuan untuk berkontribusi serta membanggakan negara dengan cara-cara yang luar biasa hebat,” tuturnya.

Sebagai penyandang disabilitas, Angkie mengikuti gelaran Paralimpiade Tokyo 2020 sejak awal. Ia mengaku tahu betul perjuangan sesama disabilitas di berbagai cabang olah raga. Berkat kerja keras para atlet, Indonesia berhasil membawa pulang 9 medali yang terdiri dari 2 emas, 3 perak, dan perunggu pada paralimpiade.

 “Saya menyaksikan perjuangan atlet paralimpiade kita, salah satunya Leani Ratri Oktila yang merupakan ratu parabulutangkis. Leani berhasil menyumbang dua emas dan satu perak dalam satu event,” ucap Angkie.

Staf khusus Presiden Joko Widodo, Angkie Yudistia. (Foto: kompas.com)

Menurut Angkie, prestasi itu membuktikan bahwa jargon ‘Disablitas Bisa, Indonesia Maju’ yang selama ini dikampanyekan olehnya tak hanya sekadar kata-kata. “Besar keinginan untuk bertemu dengan para pahwalan bangsa ini setibanya di Tanah Air, untuk saling berbagi cerita dan menyemangati disabilitas lainnya untuk terus berkarya untuk Indonesia,” kata dia.

Sebelumnya, apresiasi dan ucapan selamat juga disampaikan oleh Presiden Joko Widodo terhadap para atlet Paralimpiade Tokyo 2020. Ucapan itu disampaikan Jokowi melalui panggilan video.

Dalam panggilan tersebut, Presiden mengungkapkan rasa gembira dan bangganya atas capaian yang diraih para atlet. “Ini kabar yang sangat sangat sangat sangat menggembirakan, sangat membanggakan kita semuanya,” kata Jokowi dalam tayangan video YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (5/9/2021).

“Setelah berapa, 41 tahun kita bisa kembali meraih medali emas di paralimpiade dan langsung dua emas,” lanjutnya. Adapun perjuangan atlet-atlet Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 usai pada Minggu (5/9/2021).

Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah membawa pulang medali emas bulu tangkis setelah mengalahkan Cheng Hefang/Ma Huihui (China) pada final ganda putri SL3-SU5 di Yoyogi National Stadium, Sabtu (4/9/2021). Kemudian, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila menutup perjuangan Kontingen Indonesia pada Minggu (5/9/2021) juga dengan raihan emas. Total sembilan medali dibawa pulang tim RI dengan rincian 2 medali emas, 3 perak, dan 4 perunggu.

Comment here