Politik

Beda Prinsip antara Putra Ganjar dan Putra Jokowi

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Jika putra-putra Presiden Joko Widodo sudah terjun ke dunia politik di saat sang ayah masih menjabat, ternyata putra Ganjar Pranowo. Muhammad Zinedine Alam, berbeda prinsip dengan Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep yang sudah lebih dulu terjun ke dunia politik. Alam menunggu sang ayah pensiun dulu, baru mau terjun ke dunia politik.

Putra dari calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, yakni Muhammad Zidane Alam Ganjar saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, Sabtu (4/11/2023) malam. (Kompas.com)

Ya, Alam membuka peluang dirinya berkiprah di dunia politik seperti sang ayah. Namun, Alam ingin masuk ke dunia politik setelah Ganjar meninggalkan gelanggang agar tidak dianggap macam-macam oleh masyarakat. “Aku berusaha sekuat mungkin agar nanti enggak ada fafifu dan lain-lainnya atau bahkan ada ‘conflict of interest’, aku sih idealnya pingin kalau bisa gantian sama Bapak, jadi enggak bersamaan,” kata Alam dalam program Gaspol! Kompas.com, Rabu (6/12/2023), dikutip media ini.

Alam mengaku tidak ingin dirinya dipandang dalam dunia politik hanya karena statusnya sebagai anak Ganjar. Akan tetapi, ia menekankan belum punya rencana untuk terjun ke dunia politik meski punya ketertarikan ke bidang tersebut.

Alam mengaku masih ingin fokus mencari uang sebelum berkiprah di dunia politik karena menurutnya dunia politik adalah tempat untuk mengabdi, bukan bekerja. “Cari uang dulu, nanti kalau misalkan sudah settle, nanti keluarga juga sudah menyetujui, entah keluarga kecilku yang nanti atau yang sekarang, baru nanti aku jadikan politik sebagai tempat untuk mengabdi,” kata dia.

Alam pun mengaku tidak pernah dicekoki oleh Ganjar untuk masuk ke dunia politik, tetapi ia sering berbicara soal politik dengan sang ayah. “Karena aksesnya dekat banget ya aku bisa langsung ngobrol sama Bapak, atau sempat aku bisa ambil bukunya Bapak, aku baca sendiri, itu kan juga cekokinya ke sana,” ujar Alam.

Comment here