Hankam

Beredar Poster Acara Doa untuk Kemenangan Prabowo-Gibran di Rindam Jaya, TNI AD Buka Suara

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – “Bahwa tidak pernah Rindam Jaya membuat rencana atau akan ada kegiatan yang menggunakan lapangan Rindam Jaya Condet seperti di dalam flyer yang beredar,” kata Brigjen Kristomei Sianturi, Rabu (6/12/2023), seperti dilansir Kompas.com.

Kadispenad Brigjen Kristomei Sianturi usai acara pelepasan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina dari Mabesad, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2023). (Kompas.com)

Ya, TNI Angkatan Darat (AD) membantah ada acara doa bersama untuk kemenangan pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di lapangan Resimen Induk Kodam (Rindam) Jaya, Jakarta Timur. Poster doa bersama itu telah tersebar melalui pesan berantai di media sosial bertajuk “gema doa dan dzikir untuk kemenangan capres-cawapres 2024 Prabowo-Gibran”.

Dalam poster disebut acara yang akan dihadiri habib, ulama, dan tokoh masyarakat se-Jabodetabek, Banten, Bandung, dan Cirebon itu digelar di lapangan Rindam Jaya pada Rabu (13/12/2023).

Namun, Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Kristomei Sianturi mengatakan tidak ada acara tersebut, setelah ia mengonfirmasi ke pihak Rindam Jaya. Kristomei mengatakan, TNI AD berkomitmen memegang teguh netralitas dalam Pemilu 2024. Hal itu termaktub dalam Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI Pasal 39, dan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. “Salah satunya tidak memberikan fasilitas tempat atau sarana dan prasarana milik TNI AD kepada paslon dan parpol untuk digunakan sebagai sarana kampanye,” ujarnya.

Comment here