Ekonomi

CEO Boeing dan Bos Lainnya Mundur Berjemaah, Ada Apa?

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Mengutip CNN, seperti dilansir detikcom, Rabu (27/3.2024), Boeing telah dilanda masalah selama lebih dari lima tahun pada pesawatnya, termasuk dua kecelakaan fatal 737 Max pada tahun 2018 dan 2019 yang menewaskan 346 orang.

Ya, krisis keselamatan memaksa Chief Executive Officer (CEO) Boeing Dave Calhoun mengundurkan diri pada akhir tahun ini. Selain Calhoun, pimpinan Boeing lainnya juga akan mengundurkan diri. Ya, mereka mundur berjemaah. Ada apa?

CEO Boeing Dave Calhoun akan mengundurkan diri akhir tahun ini. (Foto: CNN via detikcom)

Ketua Dewan Direksi Larry Kellner tidak akan mencalonkan diri kembali dan dewan telah memilih mantan CEO Qualcomm Steve Mollenkopf untuk menggantikannya. Kemudian perusahaan mengumumkan bahwa CEO Boeing Commercial Airplanes Stan Deal pensiun. Segera yang akan menggantikan posisinya yakni Stephanie Pope, yang merupakan Chief Operating Officer Boeing sejak Januari 2024.

Calhoun menjadi CEO Boeing pada awal tahun 2020 setelah bos sebelumnya, Dennis Muilenburg, dipecat setelah salah satu skandal terbesar dalam sejarah Boeing.

Dan yang terbaru adalah sumbat pintu yang terlepas dari sisi pesawat Alaska Airlines 737 Max pada bulan Januari, meninggalkan lubang menganga di sisi pesawat. Permasalahan ini telah menyebabkan banyak alasan untuk masalah keselamatan dan kerugian kumulatif lebih dari USD 31 miliar. Tak lama setelah insiden Alaska Airlines pada 5 Januari lalu, FAA melarang operasional seluruh pesawat Boeing 737 Max 9 yang memiliki mid exit door plug.

Dalam suratnya yang dikirim kepada staf pada hari Senin (25/3/2024), Calhoun menggambarkan insiden Alaska Airlines sebagai ‘momen penting’ bagi Boeing dan mengatakan pihaknya harus merespons dengan yang disebutnya sebagai ‘kerendahan hati dan transparansi penuh’.

“Mata dunia tertuju pada kami, dan saya tahu kita akan melewati momen ini dengan menjadi perusahaan yang lebih baik,” kata Calhoun yang mengatakan keputusan mundur 100 persen dari dirinya sendiri.

Comment here