Kesehatan

Corona di AS Tak Terkendali, Angka Kematian Sudah Lebih dari 700 Ribu

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Angka kematian akibat virus corona di Amerika Serikat (AS) sudah melampaui 700 ribu kasus. Negara ini melaporkan rata-rata 2.000 kematian per hari dalam sepekan terakhir.

Dikutip dari Tempo.co, Sabtu (2/20/2021), AS masih menjadi negara dengan jumlah kasus dan kematian tertinggi akibat Covid-19. Sebanyak 19 persen dari seluruh kasus Covid-19 berada di AS. Sedangkan angka kematian 14 persen dari jumlah global, menurut penghitungan Reuters. Secara global, pandemi diperkirakan akan melampaui 5 juta kematian.

Seorang terapis pernapasan perawatan kritis bekerja dengan pasien positif penyakit coronavirus (COVID-19) di unit perawatan intensif (ICU) di Rumah Sakit Memorial Sarasota di Sarasota, Florida, 11 Februari 2021. (Foto: Tempo.co)

Varian Delta yang sangat menular telah mendorong lonjakan kasus virus corona yang mencapai puncaknya di AS pada September. Kasus COvid-19 per hari dalam sepekan terakhir sebenarnya sudah turun sekitar 117.625 per hari. Namun angka itu masih tinggi. Menurut pakar penyakit menular Anthony Fauci, kasus Covid-19 harus di bawah 10 ribu per hari untuk mengakhiri krisis kesehatan.

Di tengah tingginya kasus virus corona, AS sedang menggenjot pemberian suntikan booster. Presiden AS Joe Biden telah menerima suntikan booster pada Senin lalu. Dia berharap warga AS bisa mencontoh.

Sekitar 56 persen dari populasi AS telah divaksinasi penuh, dengan sekitar 65 persen menerima setidaknya satu dosis, menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Comment here