Hukum

Daftar Pegawai KPK Tak Lolos TWK Berlatar Polisi

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo ingin menarik 56 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Polri. Dia mengatakan sudah mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo untuk rencananya itu.


“Kami mendapatkan surat jawaban dari Pak Presiden melalui Mensesneg, secara tertulis,” kata Listyo Sigit dalam rekaman konferensi pers di Papua, Selasa(28/9/2021), dikutip dari Tempo.co, Rabu (29/9/2021).


Bekerja di kepolisian nampaknya akan tidak asing buat beberapa pegawai KPK yang masuk daftar 56 orang itu. Sebab, sebagian dari mereka merupakan mantan perwira polisi yang memutuskan untuk menjadi pegawai tetap di KPK, sebelum akhirnya mereka “disingkirkan” dari kantor yang mereka pilih.

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI melakukan aksi unjuk rasa di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Senin, 27 September 2021. Sebanyak 57 pegawai KPK, termasuk penyidik Novel Baswedan resmi diberhentikan per 30 September 2021 mendatang. (Foto: Tempo.co)


Dari deretan nama itu, ada Novel Baswedan. Novel mulai bertugas menjadi penyidik Polri yang bekerja di KPK pada 2007. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1998 itu memutuskan keluar dari Polri pada 2012. Kala itu, KPK sedang menyidik kasus korupsi Simulator SIM di tubuh Polri yang melibatkan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo.


Novel beralasan mundur dari Polri dan menetap di KPK supaya independensinya tetap terjaga. Bersama Novel, ada 26 perwira menengah Polri yang ikut mundur dan bergabung di KPK.


“Karena saya bersama kawan-kawan yang lain merasa independensinya menjadi terganggu,” kata Novel saat menjadi saksi sidang gugatan UU KPK di Mahkamah Konstitusi (MK), September 2020.


Berikut ini daftar pegawai KPK yang pernah berkarier di kepolisian. Mereka masuk dalam daftar 56 pegawai yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

1. Ambarita Damanik (Kasatgas/Penyidik).

2. Afief Yulian Miftach (Kasatgas/Penyidik).

3. Andre Dedy Nainggolan (Kasatgas/ Penyidik).

4. Budi Agung Nugroho (Kasatgas/Penyidik).

5. Novel Baswedan (Kasatgas/Penyidik).

6. Sugeng Basuki (Koordinasi dan Supervisi).

7. Rizka Anungnata (Kasatgas/Penyidik).

Comment here