Hukum

Dengan Mata Berkaca-kaca, Nia Ramadhani Tak Sangka Dituntut 12 Bulan Rehab

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Nia Ramadhani sedih dituntut jaksa 12 bulan menjalani rehabilitasi. Nia mengaku kaget atas tuntutan jaksa itu. “Hari ini, walaupun kami sangat kaget dengan tuntutannya, kami minggu depan akan minta diberi keringanan,” kata Nia Ramadhani seusai sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Kamis (23/12/2021), dilansir detik.com.

Nia menyampaikan perasaannya ini dengan mata sembab dan berkaca-kaca. Suara Nia juga bergetar ketika diwawancarai. Nia mengaku kaget dituntut 12 bulan rehabilitasi. Padahal, kata Nia, dia direkomendasikan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menjalani rehabilitasi 3 bulan.

“Karena harusnya, berdasarkan hasil asesmen terpadu dari BNN, kami dirujuk 3 bulan rehabilitasi, tapi barusan tuntutannya tiba-tiba 12 bulan. Saya enggak tahu atas dasar apa. Mudah-mudahan kami bisa diperlakukan sama seperti yang lainnya juga, dan kami mendapatkan keadilan di sini dan tidak dipersusah,” ucap Nia dengan suara bergetar.

Nia Ramadhani. (Foto: detikcom)

Sebelumnya, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, suaminya, dituntut menjalani rehabilitasi selama 12 bulan. Jaksa meyakini Nia dan Ardi terbukti bersalah terkait kasus penyalahgunaan narkotika.

Selain Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, sopirnya, Zen Vivanto, dituntut dalam sidang ini. Zen dituntut dengan hukuman yang sama dengan Nia dan Ardi.

Jaksa mengatakan ketiganya bersalah karena telah menggunakan narkotika jenis sabu tanpa izin. Jaksa meyakini ketiganya bersalah. “Oleh karenanya, sifat pengonsumsian terdakwa penyalahgunaan narkotika dan demikian unsur penyalah guna telah terpenuhi,” ucap jaksa.

Nia Ramadhani dkk diyakini jaksa melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Comment here