Hankam

Densus 88 Klaim Taliban Menginspirasi Teroris Indonesia

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyatakan kemenangan Taliban di Afghanistan menginspirasi kelompok teroris di Indonesia meski memiliki paham berbeda soal agama.

“Euforia kemenangan Taliban ini dapat membawa dampak terhadap keberadaan kelompok teror di Indonesia. Paling tidak, dapat dijadikan sebagai sarana propaganda mereka,” kata Direktur Pencegahan Densus 88, Kombes M Rosidi dalam diskusi daring, dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (5/10/2021).

Rosidi menerangkan jaringan teroris di Indonesia sangat sering membuat narasi bermodal kemenangan Taliban.

Mereka, kata Rosidi, mengungkit Taliban yang berhasil menguasai Afghanistan usai berpuluh-puluh tahun diduduki Amerika Serikat.

Densus 88 mengklaim kemenangan Taliban di Afghanistan menginspirasi gerakan teroris di Indonesia. (Foto: CNN Indonesia)

Rosidi bicara demikian merujuk dari hasil pemeriksaan terhadap anggota Jamaah Islamiyah yang ditangkap.

“Dalam interogasi terhadap salah satu pimpinan Jamaah Islamiyah (JI) yang beberapa waktu lalu kita tangkap di mana dia dalam ceramahnya menyampaikan kepada jemaahnya untuk terus istiqomah sebagaimana yang dilakukan oleh Taliban,” kata Rosidi.

Dia lalu menjelaskan bahwa kegiatan penangkapan merupakan upaya preventive strike atau pencegahan aksi teror gencar dilakukan sepanjang tahun ini.

Sejak Januari hingga Agustus 2021, sudah ada 335 orang yang ditangkap terkait dugaan terorisme.

Taliban berhasil menguasai Istana Kepresidenan Afghanistan dan menduduki pusat pemerintahan di Ibu Kota negara tersebut, Kabul pada 15 Agustus 2021 lalu.

Mereka lalu memimpin pemerintahan Afghanistan dan membentuk kabinet baru. Ada 33 anggota pemerintahan yang diisi oleh petinggi veteran Taliban yang pernah mengisi rezim pada 1996-2001.

Mullah Mohammad Hasan Akhund didapuk sebagai pimpinan utama pemerintahan baru tersebut di Afghanistan.

Comment here