Hankam

Diam-diam PT PAL Siapkan Desain Fregat untuk Indonesia Selain Arrowhead dan FREMM

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Sedari dulu Indonesia selalu membuat rencana cadangan mengenai pertahanan negara. Seperti pengadaan fregat bagi angkatan laut Indonesia. Indonesia sudah sepakat dengan Babcock Inggris membuat fregat Arrowhead dan Fincantieri untuk FREMM. Kedua manufaktur senjata ini jelas akan meningkatkan status pertahanan Indonesia ke level yang lebih baik.

Dikutip dari ZonaJakarta, Ahad (26/9/2021), paling terasa ialah kesepakatan dengan Babcock di mana dua unit fregat Arrowhead akan dibuat di PT PAL dan PT Batamec. Karena pembuatan berada di dalam negeri inilah maka kemungkinan bakal ada transfer teknologi dan penyerapan tenaga kerja lokal.

Namun FREMM enam unit akan dikerjakan di Italia, semoga ada kesempatan setidaknya satu unit dikerjakan di Indonesia.

Fregat Ahmad Yani class TNI AL Indonesia. (Foto: Pikiranrakyat)

Sebenarnya, sebelum ada teken kontrak dengan Babcock dan Inggris, Indonesia sudah melakukan kerja sama mendesain kapal fregat dengan bantuan MTG Marinetechnik Jerman dan Turki FIGES. Desain fregat ini dimulai sejak April 2021. Desain ini 100 persen pasti akan menyesuaikan kebutuhan kapal perang bagi TNI AL.

“Pembuat kapal milik negara Indonesia PT PAL telah melibatkan konsultan angkatan laut Jerman, MTG Marinetechnik, dan perusahaan teknik Turki FIGES AS untuk menyesuaikan desain kelas fregat baru yang akan dibangun untuk Angkatan Laut Indonesia,” lapor Janes.

Apakah desain fregat ini sudah selesai atau belum, sejauh ini belum ada kepastian lanjutan.

Adanya pembuatan desain fregat khusus TNI AL ini juga dikonfirmasi langsung oleh Kementerian Pertahanan RI. Pada 31 Maret 2021 Kementerian Pertahanan RI mengadakan pembahasan mengenai pengadaan kapal fregat yang akan dibangun di PT PAL. Saat itu sudah muncul sedikit pencerahan bila fregat Arrowhead yang akan dipilih. Juga PT PAL menyiapkan langkah alternatif dengan mendesain fregat sendiri bersama MTG dan FIGES.

“Direktur Pembangunan Kapal PT PAL Indonesia masih melakukan penjajakan terhadap desain kapal Frigate Babcock Inggris dan menyiapkan langkah alternatif dengan membuat design sendiri yang akan diasistensi oleh MTG (Marinetechnik) dari Jerman dan FIGES dari Turki,” terang Kemhan RI.

Jika benar demikian maka desain fregat Indonesia yang dibantu oleh MTG dan FIGES tak jauh-jauh dari kepunyaan Bundesmarine. Bundesmarine mempunyai empat jenis Fregat yakni Brandenburg class, Bremen class yang hendak dipensiunkan, Sachsen class dan Baden Wurttemberg class. Kalau untuk Turki, Indonesia bisa memilih Istanbul class.

Comment here