Ekonomi

Diresmikan Jokowi, Modal “Goceng” Bisa Naik LRT Jabodebek

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Mau bepergian ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek), jangan khawatir, hanya bermodalkan “goceng” atau Rp5.000 saja, kita sudah bisa naik Light Rail Transit (LRT) atau Lintas Rel Terpadu yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo. Namun, jika lebih dari 1 kilometer maka tarif akan bertambah.

Diberitakan, Presiden Jokowi telah meresmikan LRT Jabodebek, Senin (28/8/2023) pagi tadi. Dengan diresmikannya LRT Jabodebek, maka kini moda transportasi tersebut sudah dapat beroperasi secara komersial. Untuk itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberlakukan diskon tarif sebesar 78 persen atau flat sebesar Rp5.000 untuk seluruh lintas pelayanan, sejak diresmikan sampai akhir September 2023.

Seperti dilansir Kompas.com, Senin (28/8/2023), tarif tersebut diberlakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI sekalogus mendorong minat masyarakat beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi.

LRT Jabodebek diresmikan Presiden Joko Widodo dan langsung mulai beroperasi hari ini, Senin (28/8/2023). (Kompas.com)

Tarif LRT Jabodebek sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik. Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp5.000 untuk satu kilometer pertama, dan mengalami penambahan sebesar Rp7.000 per kilometer selanjutnya.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, kehadiran LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya. “Nantinya, akan terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang,” jelasnya.

LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Stasiun-stasiun tersebut adalah Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Adapun waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB. Terdapat dua line perjalanan yaitu Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Stasiun Harjamukti/pp dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Stasiun Jatimulya/pp.

Comment here