Hukum

DPC Peradi Jakpus Sangat Bangga Jadi Bagian Peradi Luhut Pangaribuan yang Punya SK Kemenkumham

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Dr Luhut MP Pangaribuan SH LLM, Jumat (20/1/2023) di Golden Rose Ballroom The Acacia Hotel, Jakarta Pusat, melantik Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Jakarta Pusat yang diketuai TM Mangunsong SH.

Dalam sambutannya usai dilantik, TM Mangunsong mengajak semua pengurus dan anggota DPC Peradi Jakpus untuk bangga menjadi bagian dari Peradi pimpian Luhut M Pangaribuan karena memiliki Surat Keputusan (SK) dari Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“DPC Peradi Jakarta Pusat sangat bangga menjadi bagian Peradi pimpinan Dr Luhut MP Pangaribuan, karena suka atau tidak suka, Peradi inilah satu-satunya yang memiliki SK AHU Kemenkumham,” kata TM Mangunsong dalam rilisnya, Selasa (24/1/2023).

Pelantikan Pengurus DPC Peradi Jakarta Pusat oleh Ketua Umum DPN Peradi Dr Luhut MP Pangaribuan SH LLM. (Foto: Istimewa)

TM Mangunsong lalu menyebut SK dimaksud, yakni SK No 0000883.AH.01.08.Tahun 2022. “Artinya, Peradi pimpinan Dr Luhut MP Pangaribuan adalah Peradi yang mempunyai dasar legal formal atau yuridis formal sebagai Peradi yang sah sacara hukum, dan hal ini adalah suatu fakta hukum,” tegasnya.

Selain Luhut Pangaribuan, acara pelantikan itu juga dihadiri Sekretaris Jenderal DPN Peradi Iman Hidayat SH MH dan Bendahara Umum DPN Peradi Ir Esterina D Ruru SH, serta Wakil Ketua Umum DPN Peradi Saor Siagian SH MH, dan Ketua Bidang Organisasi DPN Peradi Swardi

Aritonang SH MH beserta Wakil Sekjen DPN Peradi Daud Beureuh SH.

Acara ramah tamah anggota dan pelantikan Pengurus DPC Peradi Jakpus tersebut terbilang sangat meriah. Di samping dihadiri oleh para pengurus yang dilantik, beserta anggota DPC Peradi Jakpus, juga dihadiri oleh para Ketua DPC Peradi se-DKI Jakarta, yakni Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, bahkan luar DKI Jakarta, yakni Kota Bandung, Kota Bogor, Tangerang Raya, dan perwakilan DPC Peradi Jakarta Timur, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Medan, dan Bekasi Raya.

Juga dihadiri oleh unsur Muspida lengkap Jakarta Pusat, yakni perwakilan Walikota Jakarta Pusat, Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat, perwakilan Polres Jakarta Pusat, perwakilan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, dan perwakilan Kodim Jakarta Pusat.

Adapun Ketua Umum DPN Peradi Dr Luhut MP Pangaribuan dalam sambutannya menyatakan Peradi adalah organisasi profesi, bukan organisasi kemasyarakatan (ormas) atau partai politik (parpol), sehingga advokat harus menjalankan tugsanya berdasarkan keahlian, keterampilan, dan juga Peradi RBA (Rumah Bersama Anggota) selalu mengedepankan semangat rekonsiliasi dan mengaharapkan adanya suatu kode etik dan dewan kehormatan bersama dalam mengahadapi permasalahan yang ada di internal Peradi saat ini.

Selanjutnya, TM Mangunsong menyampaikan pada periode jabatan yang kedua ini sebagai Ketua DPC Peradi Jakpus pihaknya telah melakukan rekrutmen dengan telah terlebih dahulu membentuk tim formatur untuk melakukan seleksi terhadap calon pengurus dan bidang yang diminati oleh calon pengurus, dengan harapan kepengurusan DPC Peradi Jakpus periode kedua ini dapat melaksanakan fungsi organisasi advokat yang lebih baik.

Untuk itu, TM Mangunsong meminta kepada pengurus yang terpilih dan sudah dilantik untuk dapat saling bekerja sama dan bahu-membahu untuk mewujudkan DPC Peradi Jakpus yang lebih profesional sesuai dengan tema yang diusung dalam pelantikan kemarin, yakni, “DPC Peradi Jakarta Pusat menjunjung tinggi integritas profesi advokat sebagai officium nobile”.

Comment here