Jaga Budaya

Duh, 92 Tempat Wisata Terdampak Gempa Cianjur, Apa Saja?

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaporkan ada sebanyak 92 titik tempat wisata di Cianjur, Jawa Barat, yang terdampak gempa berkekuatan Magnitudo 5,6, Senin (21/11/2022) lalu. “Ada 92 tempat daya tarik wisata yang terdampak bencana dan alhamdulillah sebagian besar dalam kondisi aman,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf secara daring, Senin (28/11/2022), dikutip dari Kompas.com.

Dari 92 destinasi wisata itu, Desa Wisata Sarongge menjadi salah satu titik yang terdampak cukup parah. “Ada 10 orang meninggal dunia, dan 736 orang luka-luka,” tutur Menparekraf.

Selain itu, tempat wisata lain yang juga terdampak ialah Desa Wisata Situs Gunung Padang dan Desa Sindang Jaya di Cipanas.

Situs Megalitikum di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. (Foto: Shutterstock)

Juru Pelihara (Jupel) Situs Megalit Gunung Padang, Nanang Sukamana, memastikan tidak ada kerusakan yang terjadi di tempat wisata itu. “Kalau kerusakan di area situs tidak ada, hanya kantor pusat informasi turis yang mengalami kerusakan di bagian langit-langitnya,” ujar Nanang.

Bahkan hingga Sabtu (26/11/2022) siang, kata dia, angka kunjungan wisatawan ke situs tersebut masih tinggi. Tercatat lebih dari 300 pengunjung yang sebagian besar adalah rombongan sekolah, namun mereka diimbau untuk tidak memasuki area terlarang di sekitar situs.

Comment here