Sport

E-sports Bakal Masuk Kurikulum Sekolah

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Cabang olahraga e-sports bakal masuk ke kurikulum sekolah di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

“E=sports juga masuk di kurikulum sekolah kejuruan (Sekolah Menengah Kejuruan),” kata Ketua Bidang Humas dan Komunikasi Pengurus Besar E-sports Indonesia (PBEsI) Ashadi Ang pada sebuah diskusi virtual bertajuk “Membangun Jenjang Karier Atlet E-sports & Prestasi Bangsa”, Rabu (24/11/2021), dikutip dari Kompas.com.

Ashadi menyebut, PBEsI punya rancangan besar pembinaan atlet. “Untuk masuk ke kurikulum, kami bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenpora,” ujar Ashadi Ang.

Edukasi mengenai e-sports bertujuan memperkenalkan besarnya ekosistem, peluang, dan pondasi e-sports.

Tim Kalimantan Barat berhasil mendapatkan medali emas dari game Mobile Legends di ajang Ekshibisi E-sports PON XX Papua 2021. (Foto: PBESI)

“Ini dilakukan agar mindset semua orang benar tentang e-sports,” ucap Ashadi Ang.

Dengan pemahaman yang benar tenteng e-sports, PBEsI bisa menyusun program kerja dengan baik dan benar ketika para siswa selesai menamatkan jenjang pendidikan SMA atau SMK.

Sementara itu, Ashadi Ang juga mengatakan PBEsI akan membuat training center atau pusat pelatihan bagi atlet dan calon atlet e-sports.

“Training center berguna agar atlet dan calon atlet e-sports dapat memiliki satu tempat untuk pelatihan, pelatda, maupun pelatnas,” tandas Ashadi Ang.

Comment here