Hukum

Eks-Pegawai KPK Ungkap Isi Pertemuan dengan Polri soal Perekrutan

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Sejumlah eks-pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipecat telah melakukan pertemuan dengan Polri soal rencana perekrutan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri. Salah satu eks-pegawai KPK, Hotman Tambunan, mengatakan dalam pertemuan itu mereka masih sebatas membahas niat perekrutan saja. “Pembicaraan kita hanya nonformal, Kapolri melalui Asisten SDM (Sumber Daya Manusia) mengutarakan niat Kapolri merekrut pegawai yang 57 orang,” kata Hotman dikutip dari detik.com, Selasa (5/10/2021).

Hotman menyebut kini Polri sedang berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo serta para ahli soal perekrutan ini. Dia mengatakan pertemuan berlangsung selama 45 menit. “Dan menyebutkan sekarang Polri sedang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti MenPAN dan BKN, dan akan melibatkan para ahli. Pertemuan enggak lama, hanya sekitar 45 menit,” ujar Hotman.

Selanjutnya, dia mengatakan pertemuan mungkin akan dilakukan lagi mengingat rencana perekrutan masih butuh proses. “Harusnya iya (ada pertemuan lagi),” katanya.

Gedung Mabes Polri. (Foto: Medcom.id)

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan siap merekrut eks-pegawai KPK Novel Baswedan dkk yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sigit mengatakan ada sejumlah alasan dia ingin merekrut Novel dkk.

“Untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri terkait pengembangan tugas-tugas di Bareskrim Polri, khususnya di Tipikor, di mana ada tugas-tugas tambahan terkait dengan upaya-upaya pencegahan, dan upaya-upaya lain yang harus kita lakukan dalam rangka mengawal program penanggulangan Covid-19, dan juga pemulihan ekonomi nasional serta kebijakan-kebijakan strategis yang lain,” ujar Sigit kepada wartawan di Papua, Selasa (28/9/2021).

Sigit mengatakan sudah bersurat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merekrut 56 pegawai KPK tersebut. Nantinya Novel dkk akan dijadikan ASN di Polri. Sigit pun mengatakan sudah mengantongi izin Jokowi.

Comment here