Sport

FIFA Izinkan GBK untuk Piala AFF 2022, Tapi Larang Konser, Wow!

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Yunus Nusi mengatakan Federation of International Football Association (FIFA) mengizinkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, digunakan untuk Piala AFF 2022 menjelang Piala Dunia U-20 2023, namun tidak merestui konser.

Itu sesuai dengan surat elektronik FIFA kepada PSSI yang beredar pada Rabu (30/1) seperti dilansir CNNIndonesia.com. Dalam surat itu disebutkan FIFA tak ingin ada jadwal ‘dua konser dengan persiapan berhari-hari’ di GBK sebelum Piala Dunia U-20 2023.

“Ya, benar [FIFA telah menjawab surat PSSI soal GBK]. Untuk kepentingan sepak bola [Piala AFF 2022] dipersilakan oleh FIFA,” kata Yunus.

Stadion GBK bisa digunakan untuk Piala AFF 2022. (Foto: CNN Indonesia)

Dalam surat elektronik FIFA yang dikirim ke PSSI itu disebutkan kondisi rumput GBK menjadi pertimbangan. FIFA tak ingin kualitas rumput menurun saat Piala Dunia U-20 2023 karena digunakan untuk dua konser secara berdekatan. “Setelah konsultasi dengan FIFA Pitch Management kami menginformasikan bahwa kami tidak bisa menerima agenda [di GBK] yang akan berlangsung,” tulis FIFA dalam suratnya.

“Mengadakan dua konser dalam beberapa hari kegiatan penyiapan dan pembongkaran di lapangan permainan tentu akan membuat lapangan menjadi stres yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana,” tulis FIFA.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni tahun depan. Kejuaraan ini akan berlangsung di enam stadion. Selain GBK, ada I Wayan Dipta, Bali, Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, dan Si Jalan Harupat, Bandung, Jawa Barat.

Comment here