Hankam

Gedung Putih (Pura-pura) Prihatin Israel Gunakan Amunisi Fosfor Putih di Lebanon Selatan

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – “Kami akan mengajukan pertanyaan untuk mencoba mempelajari lebih lanjut,” kata John Kirby, Juru Bicara Gedung Putih kepada wartawan di pesawat kepresidenan Air Force One, Senin (11/12/2023), seperti dilansir Tempo.co.

Ya, Amerika Serikat (AS) menyatakan prihatin atas laporan Israel menggunakan amunisi fosfor putih yang dipasok AS dalam serangan bulan Oktober di Lebanon selatan, kata John Kirby. Menurut dia, fosfor putih memiliki “kegunaan militer yang sah” untuk penerangan dan menghasilkan asap untuk menyembunyikan pergerakan.
“Tentu saja setiap kali kami memberikan barang-barang seperti fosfor putih kepada militer lain, kami berharap sepenuhnya bahwa barang-barang tersebut akan digunakan sesuai dengan tujuan yang sah… dan sesuai dengan hukum konflik bersenjata,” katanya.

Fosfor putih yang ditembakkan oleh tentara Israel untuk membuat tabir asap, terlihat di perbatasan Israel-Lebanon di Israel utara, 12 November 2023. (Reuters via Tempo.co)

Namun diyakini, apa yang disampaikan Juru Bicara Gedung Putih itu hanya pura-pura belaka, karena faktanya AS selalu mendukung apa pun yang dilakukan Israel. Dalam voting di Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) soal resolusi gencatan senjata antara Israel dan Palestinya, misalnya baru-baru ini, AS menggunakan hak vetonya sehingga resolusi itu batal disepakati.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, ketika ditanya tentang laporan bahwa Israel menggunakan fosfor putih di Lebanon, mengatakan: “IDF dan seluruh lembaga keamanan bertindak sesuai dengan hukum internasional. Begitulah cara kami bertindak dan bagaimana kami akan bertindak.”

Amunisi fosfor putih adalah senjata yang menggunakan salah satu alotrop umum dari unsur kimia fosfor. Fosfor putih digunakan untuk menimbulkan asap, penerangan, dan amunisi pembakar, dan biasanya merupakan elemen pembakaran amunisi pelacak.

Fosfor putih bersifat piroforik (tersulut jika terkena udara); terbakar habis; dan dapat menyulut kain, bahan bakar, amunisi, dan bahan mudah terbakar lainnya.

Comment here