Ekonomi

Geger di Tangsel, Bayi Dilumuri Cat Jadi Manusia Silver, Dibawa ke Dinsos

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Viral bayi dilumuri cat jadi ‘manusia silver’ di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Bayi itu pun diajak mengamen di SPBU Parakan.


Hal ini diketahui karena adanya laporan yang diterima oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangsel. Petugas Satpol PP pun turun ke lokasi untuk mencari kebenaran dan keberadaan bayi yang dilibatkan mengamen menjadi ‘manusia silver’ tersebut.


Diketahui bayi yang diajak mengamen itu masih berusia 10 bulan. Sedangkan ibu kandungnya berinisial NK usia 21 tahun.

Tubuh bayi dicat silver dan diajak mengemis ibunya di Tangerang, Banten. (Foto: detikcom)


Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Tangsel Muksin Al Fachry menyebut pihaknya mendapati bayi tersebut tinggal di Jalan Salak.


“Kami mendapati si bayi tersebut tinggal di Jalan Salak, mengontrak,” kata Muksin Al Fachry dikutip dari detik.com, Ahad (26/9/2021).


Muksin menuturkan NK dalam sehari-hari mengamen dengan menjadi ‘manusia silver’. Selama ini, bayinya kerap dititipkan ke tetangga berinisial E dan B. Dua tetangganya itu juga ‘manusia silver’.


“Nah anaknya ini biasanya dititipkan ke tetangga,” ucap Muksin.


Namun pada saat itu, E dan B membawa anak dari NK untuk mengamen. E dan B kemudian ikut mewarnai bayi 10 bulan itu dengan cat silver.


Bayi itu beserta ibunya kemudian dibawa ke Dinas Sosial. 


“Saat ini bayi dan ibunya kita bawa ke Dinas Sosial untuk dilakukan tindakan lebih lanjut tentunya,” kata Muksin.


Sang ibu berinisial NK (21) tidak mengetahui anaknya itu diajak mengamen.
“Dia (NK) enggak tahu kalau anaknya diajak,” ucap Muksin.


Berdasarkan pengakuan NK, saat bayi itu dibawa mengamen memang tubuhnya itu dilumuri cat silver oleh E dan B.


Saat dikembalikan ke NK, di badan bayi pun masih menempel cat tersebut, dan NK diberi uang Rp 20 ribu oleh E dan B dari hasil mengamen.


“Katanya itu jatah buat beli popok dan susu,” ujar Muksin.


Berkaca dari temuan ini, Satpol PP bakal merazia orang-orang yang mengeksploitasi balita di sekitar Tangsel. Dia memastikan hal tersebut tidak terulang.


“Apabila memang masih ada yang bawa anak-anak balita, kita akan lakukan razia lebih intensif biar hal ini tidak terjadi lagi,” katanya.

Comment here