Jaga Budaya

Golkar Sebut Anak Muda Memahami Pancasila dengan Cara Berbeda

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Partai Golkar Jerry Sambuaga memandang Pancasila adalah sebuah ideologi yang sangat integratif dan adaptif terhadap kemajuan, tetapi masih berpijak pada nilai dan karakter bangsa Indonesia sendiri.

Hal ini disampaikannya dalam rangkaian peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2021. Dirinya memandang, Pancasila itu ideologi yang relatif lengkap dan terbuka. Di dalamnya terkandung bukan hanya nilai dan kearifan nasional, tetapi juga sifat akomodatif terhadap kemajuan dan modernitas.

“Momentum Kesaktian Pancasila ini harus dimaknai sebagai upaya untuk menyegarkan pemahaman sekaligus mewujudkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” kata Jerry dikutip dari Liputan6.com, Senin (4/10/2021).

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Foto: Liputan6)

Meski demikian, dia menyadari bahwa generasi milenial sekarang mempunyai cara berbeda dalam memahami Pancasila itu sendiri. “Bukan berarti anak muda tidak memahami dan mengimplementasikan Pancasila. Karakter dan polanya saja yang berbeda. Mereka lahir sebagai native dalam teknologi dan lahir dalam dunia yang telah terglobalisasi. Jadi wajar saja kalau karakter dan pola pemaknaannya berbeda dengan generasi X atau bahkan baby boomers,” ungkap Jerry.

Harus Difasilitasi

Jerry menuturkan, potensi anak muda ini harus diakomodasi, dibina dan difasilitasi. Banyak hal yang menurutnya bisa dimunculkan jika sinergi antar-generasi terus dikembangkan.

“Lihat saja di industri, perdagangan, politik dan pemerintahan, banyak generasi muda yang muncul dan memainkan peran penting. Ini merupakan gelombang baru yang muncul di era Presiden Joko Widodo,” kata dia.

Comment here