Hankam

Guyon Jokowi ke Iriana saat Tinjau Alutsista: Mau Naik yang Mana, Biar Disopiri KSAD Andika

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id -Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meninjau Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) milik TNI di tengah peringatan HUT ke-76 TNI yang digelar di sekitar Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). 

Saat meninjau, Jokowi sempat melontarkan candaan kepada Ibu Negara Iriana Jokowi yang turut menyaksikan piranti militer itu. 

Dalam guyonannya, Kepala Negara mengatakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa nantinya yang akan menjadi sopir kendaraan taktis TNI yang akan ditumpangi oleh Iriana.

“Mau naik yang mana? Biar yang nyetir Pak Andika,” kata Jokowi kepada Iriana sambil tertawa, dikutip dari Kompas TV, Selasa (6/10/2021).

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana saat meninjau Alutsista di sekitar Istana Merdeka. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden) 

Mendengar candaan sang suami, Iriana merespons dengan tertawa.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat berdialog dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di depan kendaraan tempur milik TNI itu. 

Hadi menuturkan kendaraan taktis yang dipamerkan merupakan yang terbaru. 

“Bapak, mohon izin, ini jadi pengadaan pada Renstra (Rencana Strategis) sampai tahun 2019,” kata Hadi kepada Jokowi.

“Oh, berarti ini baru-baru semua?” jawab Jokowi.

“Siap, ini yang baru dari Renstra sampai tahun 2019,” ujar Hadi. 
Kemudian Andika turut menjelaskan perihal kendaraan taktis milik TNI AD yang dipajang di depan Istana Merdeka tersebut.

“Ini ada yang menonjol, ini AD, kami punya 56 rantis (kendaraan taktis),” jelas Andika. 

Meski demikian, peninjauan alutsista yang dilakukan Jokowi ini tidak berlangsung lama. Presiden dan rombongan kemudian kembali ke dalam Istana dengan mengendarai boogie car.

HUT ke-76, TNI Pamerkan 112 Alutsista di Sekitar Istana Merdeka

Dalam memeriahkan HUT ke-76, selain mengadakan upacara, TNI juga memamerkan 112 alutsista.
Adapun 112 alutsista tersebut ditampilkan di sekitar Istana Merdeka, tepatnya di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan dan Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Gelar alutsista tersebut merupakan bentuk perwujudan kekuatan TNI saat ini dan juga sebagai laporan kepada Presiden RI serta masyarakat bahwa anggaran yang diberikan pemerintah kepada TNI salah satunya digunakan sebagai pengadaan kebutuhan alutsista.

Di mana alutsista tersebut untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari gangguan, hambatan, ancaman dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Comment here