Hankam

Hari ini Lanud Halim Perdanakusuma Mulai Beroperasi, Tapi Terbatas Loh

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Pangkalan Udara (Lanud Halim) Perdanakusuma, Jakarta Timur, mulai beroperasi pada hari ini, Rabu (13/7/2022). Namun, pengoperasiannya masih secara terbatas, di mana baru pesawat militer dan very important person (VIP) yang sudah dapat lepas landas (take off) dan mendarat (landing) di sini.

Kepastian itu didapat setelah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang didampingi Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsekal TNI Madya Andyawan saat melakukan uji coba landasan pacu (runaway) hasil revitalisasi Bandara Halim, Selasa (12/7/2022).

“Secara teknis runaway Bandara Halim sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VIP. Mulai 13 Juli 2022,” kata Budi dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari Kompas TV, Rabu (13/7/2022).

Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: detikcom)

Dalam keterangan terpisah, Madya menuturkan uji coba runaway Bandara Halim telah dilakukan dua tahap, meliputi lepas landas dan mendarat. “Sebelumnya pada 11 Juni 2022, Pesawat TNI Angkatan Udara Jenis CN 295 dari Skadron 2 dan Pesawat Boeing 737 Skadron 17 Halim Perdanakusuma juga melakukan uji coba take off dan landing di Lanud Halim Perdanakusuma,” ujarnya.

Madya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan pihak-pihak yang mendukung pelaksanaan revitalisasi Lanud Halim Perdanakusuma. “Saya mewakili Kasau mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, dan semua pihak yang terlibat dalam perbaikan Lanud Halim Perdanakusuma,” ucapnya.

Seperti diketahui, Bandara Halim sudah tidak beroperasi sejak Januari 2022 karena adanya revitalisasi. Revitalisasi dilakukan untuk memperbaiki sisi udara maupun darat, dalam rangka meningkatkan aspek kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penerbangan. Hingga kini, revitalisasi Bandara Halim Perdanakussuma telah mencpai 72,6 persen.

Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma terus mengalami progres, yang meliputi perbaikan runaway, taxiway, serta peningkatan Apron. Selanjutnya dilakukan perbaikan sistem drainase dan pengelolaan air, perbaikan terminal VVIP, serta penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan dengan revitalisasi. Setelah direvitalisasi, Bandara Halim ditargetkan dapat digunakan kembali untuk melayani penerbangan komersial mulai September 2022.

Comment here