Hankam

Helikopter TNI AD Jatuh di Bandung, Tak Ada Korban Jiwa

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Minggu (28/5/2023), beredar pesan berantai di WhatsAp Group (WAG) Jurnalis TNI perilah telah terjadinya musibah jatuhnya pesawat Helikopter milik Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Puspenerbad) jenis Bel 412 di Bandung, Jawa Barat.

Pesan tersebut disertai informasi soal fakta-fakta sebagai berikut.

Pertama, pada hari Minggu tanggal 28 Mei 2023 sekitar pukul 13.30 WIB bertempat di Kampung Bayongbong, Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, telah terjadi musibah jatuhnya Helikopter milik TNI AD (Penerbad) jenis Bel 412.

Kedua, dengan penumpang 5 orang kru: selamat (luka patah dan lecet) dalam keadaan sadar, korban dilarikan ke RSUD Soreang, korban jiwa nihil.

Sebuah pesawat helikopter dikabarkan terjatuh di perkebunan teh wilayah Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (28/5/2023). (Foto: Republika)

Helikopter mengalami kecelakaan saat digunakan untuk mendukung latihan pra-tugas Batalyon Infanteri (Yonif) 300/BJW.

Adapun helikopter itu dioperasikan oleh Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) untuk latihan pra-tugas, baik dalam mobilisasi udara maupun dukungan logistik.

Informasi berantai tersebut kemudian dikonfirmasi Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Hamim Tohari dalam keterangannya, Minggu (28/4/2023), seperti dilansir banyak media.

“Kronologis dan penyebab jatuhnya heli hingga saat ini masih dalam penyelidikan oleh pihak berwenang, dan TNI AD telah mengirimkan tim investigasi untuk menangani kasus kecelakaan heli tersebut,” kata Hamim.

“Namun, tidak ada korban jiwa, baik dari prajurit TNI AD yang melaksanakan latihan, maupun dari masyarakat sekitar,” lanjut Hamim.

Menurut Hamim, kru helikopter yang berjumlah lima orang seluruhnya dalam kondisi selamat dan hanya mengalami luka-luka akibat benturan. Saat ini, seluruh kru telah dievakuasi ke RS Dustira, Cimahi, guna mendapatkan penanganan medis.

Comment here