Jaga Budaya

HUT ke-17, Ketua DPD RI: Kerajaan Nusantara Pemilik Saham Bangsa Indonesia

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan kerajaan-kerajaan di Nusantara adalah sebagian di antara pemilik saham utama bangsa Indonesia. “Salah satu entitas yang berjasa dalam lahirnya bangsa dan negara ini adalah kerajaan Nusantara. Sumbangsih kerajaan Nusantara terhadap lahirnya Indonesia tidak bisa dihapus dalam sejarah,” katanya dalam sambutan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 DPD RI di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip dari Tempo.co, Jumat (1/10/2021).

La Nyalla menuturkan peran kerajaan Nusantara melahirkan banyak tradisi, mulai dari tradisi pemerintahan, pendidikan, pengobatan hingga kemiliteran. Puncaknya, adalah dukungan moril dan materiil dari raja dan sultan Nusantara kepada lahirnya Republik Indonesia.

Dukungan moril diberikan dengan sikap legawa atau ikhlas yang luar biasa dari para raja dan sultan dengan mengakui kedaulatan Indonesia sebagai sebuah negara. Sedangkan dukungan materiil diberikan berupa bantuan uang, emas, tanah kerajaan dan bangunan untuk dipergunakan bagi kepentingan pendirian negara ini di awal kemerdekaan.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: GoSumbar)

Bahkan hingga saat ini, sejumlah tanah dan aset kerajaan Nusantara masih dipergunakan untuk kepentingan pemerintah. “Maka sangat tidak berlebihan bila saya, dan seharusnya kita semua, menyebut bahwa kerajaanNusantara adalah salah satu pemilik saham utama negeri ini,” ujar La Nyalla.

 Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta DPD RI untuk ingat akan peran dan fungsinya sebagai penyalur aspirasi masyarakat daerah. Dia menilai aspirasi masyarakat daerah sangat penting untuk pembangunan Indonesia. “Membangun Indoensia tak bisa hanya dengan membangun Jawa. Membangun Indonesia, bangun seluruh Tanah Air Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” kata Jokowi dalam pidato virtual untuk memperingati HUT ke-17 DPD RI.

Pidato itu ditayangkan di sela-sela pembukaan acara HUT ke-17 DPD RI di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Jokowi menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada DPD RI. Dia berpesan, meski terbilang muda, namun DPD RI memiliki posisi dan kontribusi sangat penting dan strategis bagi bangsa.

Seusai acara, La Nyalla beserta raja dan sultan di Nusantara tampak mengelilingi pameran foto dengan tema “DPD RI Bangkit dan Maju Bersama Daerah”. Tampak sejumlah foto dihadirkan di sekitar Gedung Nusantara IV. Foto-foto itu menjelaskan seperti apa rangkaian kerja DPD sejauh ini, di antaranya rapat paripurna luar biasa, kunjungan kerja ke daerah, hingga meninjau vaksinasi Covid-19.

Comment here