Hukum

Ini 6 Calon Deputi Penindakan KPK, Ada Diponegoro

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Pasca-Irjen Karyoto diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengalami kekosongan jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi. Nah, kini KPK sedang melakukan seleksi untuk pengisian jabatan tersebut. Siapa saja yang lolos?

KPK mengumumkan ada enam orang calon pengisi posisi Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang lolos. Keenam orang calon itu telah dinyatakan lolos hingga ke tahap seleksi penulisan makalah. Enam calon tersebut didominasi dari institusi Polri yang berjumlah lima orang, dan satu orang lainnya berasal dari Kejaksaan Agung.

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kuningan, Jakarta Selatan. (Istimewa)

Seperti dilansir detik.com, Rabu (23/8/2023), berikut profil singkat enam calon Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang baru:

  1. Brigjen Bahtiar Ujang Purnama

Bahtiar Ujang Purnama merupakan calon dari internal KPK. Dia berasal dari institusi Polri. Dia merupakan polisi aktif yang kini berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen).

Brigjen Bahtiar bergabung ke KPK pada tahun 2020. Saat itu dia dilantik bersama lima polisi lainnya untuk mengisi posisi strategis di KPK.

Saat ini Brigjen Bahtiar menjabat sebagai Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III di KPK. Harta kekayaannya mencapai Rp 8,8 miliar.

  1. Brigjen Edgar Diponegoro. Brigjen Edgar Diponegoro merupakan anggota Polri aktif. Dia sempat menjadi perwira di Divisi Propam Polri.

Sejak 31 Oktober 2022 Edgar lolos seleksi sebagai Staf Khusus Bidang Keselamatan Publik Ibu Kota Nusantara. Pangkatnya pun naik menjadi Brigadir Jenderal.

  1. Brigjen Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi
    Brigjen Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi juga merupakan calon Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK dari institusi Polri. Dia bergabung dengan KPK tahun 2020.

Kumbul sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda NTT pada tahun 2015. Dua tahun berselang dia menjabat sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar. Saat ini Kumbul menjabat sebagai Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK.

  1. Brigjen Rakhmad Setyadi
    Brigjen Rakhmad Setyadi merupakan anggota Polri aktif. Dia tercatat pernah bertugas di Kemenpan-RB sejak tahun 2020.

Brigjen Rakhmad Setyadi berpengalaman di bidang SDM. Ia pernah menjabat Karo SDM Polda Kepri saat berpangkat Kombes.

Rakhmad Setyadi lalu dimutasikan untuk penugasan di Kemenpan-RB pada tahun 2019. Di tahun itu pangkatnya naik dari Kombes ke Brigjen dengan jabatan Staf Khusus Bidang Penanganan Antikorupsi.

  1. Rudi Margono
    Rudi Margono menjadi satu-satunya calon Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang berasal dari institusi Kejaksaan Agung. Dia kini menduduki jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Riau (Kepri).
  2. Irjen Rudi Setiawan
    Rudi Setiawan merupakan calon kelima dari institusi Polri untuk mengisi posisi Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK. Karier polisi berpangkat bintang dua ini terbilang mentereng.

Irjen Rudi tercatat pernah menjabat Kapolres Indramayu pada tahun 2010. Jabatannya terus meningkat di mana pada tahun 2017 menjabat Kapolrestabes Surabaya.

Dua tahun berselang Irjen Rudi menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Selatan. Kini, dia dipercaya sebagai Staf Ahli (Sahli) Kapolri di bidang Sosial dan Politik sejak tahun 2023.

Comment here