Sport

Ini Bukti Cristiano Ronaldo Raja Liga Champions, Bukan Lionel Messi

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Cristiano Ronaldo semakin mengukuhkan dirinya sebagai raja Liga Champions. Pada laga Manchester United vs Villarreal, Kamis (30/9/2021) dini hari tadi, Ronaldo mencetak rekor baru.

Dikutip dari Tempo.co, Kamis (30/9/2021), laman resmi UEFA mencatat Ronaldo menjalani laga ke-178 di kompetisi sepak bola tertinggi Eropa tersebut pada laga itu. Dia resmi melewati catatan eks-penjaga gawang Real Madrid, Iker Casillas, dengan 177 laga.

Di jajaran daftar pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions, Ronaldo praktis hanya bersaing dengan Lionel Messi. Pasalnya, dari enam nama teratas hanya keduanya yang masih terus bermain.

Messi baru mencatatkan 151 laga sejauh ini karena memulai langkah di Liga Champions satu musim lebih belakangan. Ronaldo memulai kiprah di kompetisi itu pada 2003 sementara Messi pada 2004.

Pemain Man United (MU) Cristiano Ronaldo melepaskan jerseynya setelah mencetak gol kemenangan dalam penyisihan Liga Champions melawan Villarreal di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis dinihari, 30 September 2021. Gol Ronaldo menjadi penebus dari kekalahan MU dalam laga sebelumnya. (Foto: Tempo.co)

Berikut daftar enam pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions:

178 – Cristiano Ronaldo – Manchester United, Juventus dan Real Madrid  – (2003-….)
177 – Iker Casillas – Real Madrid dan FC Porto – (1999-2019)
151 – Xavi Hernandez – Barcelona – (1998-2015)
151 – Lionel Messi – Barcelona dan PSG – (2004-…)
142 – Raul Gonzalez – Real Madrid dan Schalke 04 – (1995-2011)
141 – Ryan Giggs – Manchester United (1993-2014)

Sejak 2013-2014, Ronaldo disebut hanya absen dalam tiga laga timnya di Liga Champions.

Satu gol yang diciptakan Ronaldo ke gawang Villarreal juga semakin mengukuhkan dirinya sebagai pemain tersubur di Liga Champions. Ronaldo total telah mencetak 136 gol, unggul 15 gol dari Lionel Messi yang berada di posisi kedua.

Untuk daftar yang satu ini, ada nama Robert Lewandowski dan Karim Benzema sebagai pemain yang masih aktif. Berikut pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions:

136 gol – Cristiano Ronaldo 
121 – Lionel Messi
77 – Robert Lewandowski
72 – Karim Benzema
71 – Raúl González
56 – Ruud van Nistelrooy

Akan tetapi Ronaldo ternyata sempat mengalami masa buruk di Liga Champions. Menurut catatan UEFA, keran gol pesepakbola asal Portugal itu baru terbuka saat dia menjalani laga ke-27. Artinya, 136 gol yang dia ciptakan terjadi hanya dalam 151 laga terakhir.

Satu-satunya hal yang dibagi Ronaldo bersama Messi adalah soal mencetak hattrick atau tri gol di Liga Champions. Keduanya saat ini sama-sama telah mengemas delapan hattrick, terbanyak dalam sejarah kompetisi itu. Berikut daftarnya:

hattrick:
– Lionel Messi (Barcelona)
– Cristiano Ronaldo (Real Madrid 7, Juventus 1)

hattrick:
– Filippo Inzaghi (Juventus 2, AC Milan 1)
– Mario Gomez (Bayern Munchen)
– Luiz Adriano (Shakhtar Donetsk)
– Robert Lewandowski (Dortmund 1, Bayern München 2)
– Neymar (Barcelona 1, Paris Saint-Germain 2)

Ronaldo hanya tak menyumbangkan hattrick di Liga Champions saat berseragam Juventus. Selama tiga tahun di klub asal Kota Turin, Italia itu Ronaldo total hanya mengemas 14 gol. Juventus juga menjadi klub satu-satunya yang tak pernah mendapatkan gelar Liga Champions bersama Ronaldo.

Berikut daftar delapan rekor Ronaldo lainnya di Liga Champions:

1. Pemain dengan gol terbanyak dalam satu musim – 17 gol (2013-2014)
2. Pemain dengan gol terbanyak di babak gugur – 67 gol
3. Pemain dengan gol terbanyak dari titik penalti – 19 gol
4. Pemain yang memenangkan laga final paling banyak – 5
5. Satu-satunya pemain yang pernah mencetak gol dalam tiga laga Liga Champions.
6. Satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam enam laga penyisihan secara beruntun.
7. Pemain yang mencetak 11 gol secara beruntu di Liga Champions
8. Pemain yang paling mencetak sepuluh gol ke satu klub di Liga Champions: kontra Juventus.

Akan tetapi Cristiano Ronaldo belum menjadi pemain dengan trofi Liga Champions terbanyak. Dia telah mengemas lima trofi Si Kuping Besar, kalah dari pemain legendaris Real Madrid Francisco Gento di era 50-an dan 60-an. Geto sempat mempersembahkan enam trofi Piala Eropa, cikal bakal Liga Champions, saat itu. Akan tetapi dia unggul dari Lionel Messi yang hanya memiliki empat trofi

Comment here