Jaga Budaya

Ini Sinopsis Film Kiblat yang Dapat Kritikan Keras MUI

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – “Kalau ini benar, sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama. Maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang,” tulis Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah Muhammad Cholil Nafis dalam keterangan unggahannya, dilansir Tempo.co, Rabu (27/3/2024).

Film Kiblat. (Tempo.co)

Ya, film Kiblat menuai berbagai kritik keras dari masyarakat Indonesia, bahkan tak lama usai perilisan poster resminya. Salah satu kritikan itu datang dari MUI.

Melalui unggahan di media sosial Instagram pribadinya, @cholilnafis, ia memprotes tegas film yang menggunakan istilah dan simbol agama Islam tersebut. Menurutnya, film yang menggunakan promosi sensitif dan kontroversi tidak boleh ditonton. Dia juga menilai film horor ini tidak layak diedarkan dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama.

Senada dengan Cholil, Ketua MUI Bidang Fatwa Prof Asrorun Niam Sholeh menegaskan penggunaan istilah dan simbol keagamaan harus digunakan pada tempat yang pas. “Prinsipnya, kita harus menggunakan istilah dan/atau simbol agama pada tempatnya yang pas,” ucap Niam.

Lantas, bagaimana sebenarnya sinopsis film Kiblat yang dapat kritik keras MUI?

Sinopsis Film Kiblat

Film Kiblat mengangkat cerita yang berfokus pada kehidupan seorang gadis muda bernama Ainun. Dia tinggal di kampung bersama bibinya tanpa mengetahui siapa sosok kedua orangtuanya.

Dikisahkan, Ainun mengagumi Abah Mulya yang merupakan pemimpin padepokan sakti di Kampung Bumi Suwung. Dengan kesaktiannya itu, Abah Mulya mampu menyembuhkan berbagai penyakit hingga melipatgandakan uang.

Saking kagumnya Ainun dengan Abah Mulya, dia pun kerap meniru gaya tokoh sakti tersebut bersama temannya, Rini. Suatu hari, tersiar kabar bahwa Abah Mulya meninggal dunia. Terungkap juga fakta mengejutkan bahwa Ainun adalah anak kandung dari tokoh yang kerap disebut masyarakat sebagai “orang pintar” itu.

Guna mencari tahu informasi lebih banyak mengenai Abah Mulya, Ainun memutuskan untuk datang ke padepokan Abah bersama dua temannya, Rini dan Bagas. Namun, setibanya di padepokan tersebut, Ainun justru menemukan berbagai hal janggal. Di antaranya adalah tidak ada azan dan orang-orang salat.

Ketidakwajaran terjadi ketika Bagas melakukan salat dan tiba-tiba arah kiblatnya berubah. Selain itu, Ainun juga merasakan kesakitan karena tubuhnya yang terbalik saat salat. Di samping itu, ada juga para warga yang akan kesakitan apabila mendengar azan.

Hal inilah yang kemudian membuat Ainun sadar bahwa sosok yang selama ini dikaguminya mengajarkan kesesatan dan jauh dari kiblat serta ajaran agama yang benar. Dia dan teman-temannya pun berusaha untuk lepas dari aliran sesat tersebut.

Disutradarai oleh Bobby Prasetyo, Kiblat belum mengumumkan tanggal resmi perilisan dan penayangan perdananya. Meski begitu, film karya Leo Pictures ini telah mengungkapkan deretan aktor dan aktris ternama Tanah Air yang membintanginya. Daftar pemain film Kiblat adalah sebagai berikut:

  • Yasmin Napper sebagai Ainun
  • Ria Ricis sebagai Rini
  • Arbani Yasiz sebagai Bagas
  • Whani Darmawan sebagai Abah Mulya
  • Hana Saraswati
  • Dennis Adhiswara
  • Keanu Azka

Comment here