Kesehatan

Ini Update Covid-19, Menkes: Yang Masuk RS Lebih Banyak Lansia, Banyak yang Meninggal Belum Divaksin

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kekhawatirannya terhadap masyarakat lanjut usia yang belum divaksinasi Covid-19. Hal itu disampaikan Budi Gunadi saat memaparkan perkembangan terkini mengenai stok vaksin Covid-19. Menurutnya, saat ini jumlah stok vaksin menurun drastis dan masih di angka 9,3 juta dosisnya.

“Kita agak khawatir lansia, yang masuk RS lebih banyak lansia dengan komorbid. Dan banyak yang meninggal belum divaksin,” kata Budi Gunadi dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi IX DPR, Selasa (24/1/2023), dikutip dari Kompas.com.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/12/2022). (Foto: Kompas.com)

Oleh karena itu, Budi Gunadi menegaskan pihaknya akan mengoptimalisasi edukasi kepada lansia agar mau divaksinasi Covid-19. Apalagi, diakuinya banyak lansia yang memang tak ingin divaksinasi Covid-19. “Memang keinginan vaksin lansia sulit, even beberapa teman dokter orangtuanya tidak terlalu minat divaksin,” ujar Budi Gunadi.

Di sisi lain, Budi Gunadi menjelaskan pemenuhan kebutuhan vaksin saat ini akan diarahkan pada pembelian vaksin dalam negeri. Ia mengatakan, terdapat dua vaksin yang akan dipenuhi kebutuhannya, yaitu Indovac dan AWcorna. “Vaksin yang didapat dari luar negeri seluruhnya merupakan hasil hibah dan sisa kontrak Indonesia dengan negara yang bersangkutan. Pemberian vaksin akan difokuskan pada balita,” kata Budi Gunadi.

Comment here