Sport

Jadi Kabid Binpres, Ricky Soebagdja Bakal Temui Kevin/Marcus, untuk Apa?

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) melalui Ketua Harian Alex Tirta mengumumkan perombakan di sektor pembinaan prestasi pada Rabu (21/2/2024) kemarin. Rionny Mainaky yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres), kini menjadi Pelatih Kepala. Sementara jabatannya kini diemban Ricky Soebagdja.

Ricky pun bakal segera menemui dan berkomunikasi dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Untuk apa? Ternyata terkait komitmen keduanya di Pelatihan Nasional (Pelatnas).

Ricky Soebagdja (kanan). (detikcom)

Ricky menyampaikan itu menyusul Minions, julukan Kevin/Marcus, yang belum juga muncul dalam sesi latihan bersama sektor ganda putra sejak awal musim 2024. “Saya rasa ini nanti akan kami bicarakan. Komitmen Kevin/Marcus ini juga seperti apa,” kata Ricky kepada pewarta saat ditemui di Pelatnas PBSI, seusai pengumuman dirinya menjadi Kabid Binpres yang baru menggantikan Rionny Mainaky, dilansir detikcom, Kamis (22/2/2024).

Pelatih ganda putra Aryono Miranat sebelumnya mengungkapkan belum bergabungnya Kevin/Marcus dalam sesi latihan hingga Februari ini karena pasangan yang pernah menjadi nomor satu dunia itu masih libur. Padahal, sektor ganda putra sudah memulai program latihan sejak Januari lalu. Saat itu, pelatih menyebut pemberian dispensasi libur sebagai bentuk menghargai Kevin/Marcus yang pernah memberikan prestasi.

Ricky tak menafikan Kevin/Marcus yang memiliki prestasi luar biasa, tapi tak bisa dipungkiri setiap atlet juga memiliki kewajiban yang sama selama masuk dalam Surat Keputusan (SK) Pelatnas. “Segera juga nanti kita komunikasi ya apapun kondisinya mereka kan juga luar biasa prestasinya. Tapi kan kita juga butuh komitmen dari pemainnya sendiri mengikuti Pelatnas ini. Jadi betul masih di dalam SK Pelatnas tapi sesegera mungkin kita harus bertemu dengan mereka,” ucap peraih medali emas Olimpiade 1996 Atlanta bersama Rexy Mainaky tersebut.

Ricky juga belum dapat berbicara lebih detail karena ia baru saja ditunjuk sebagai Kabid Binpres. “Nanti saya akan tanya dulu. Jadi kalau soal aksi pribadi saya belum. Nanti kita akan komunikasi seperti apa, yang pasti siapapun yang memang, apalagi di (masuk) SK harus mengikuti semua di sini latihan dan sebagainya,” ucapnya mempertegas.

Comment here