Sport

Jadwal Piala Sudirman 2021 – Indonesia Lawan ROC, Kanada, lalu Denmark

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Turnamen bulu tangkis beregu campuran, Piala Sudirman 2021, akan berlangsung pada 26 September-3 Oktober 2021 di Vantaa, Finlandia. Indonesia berada di Grup C bersama Denmark, ROC (Russia Olympic Comittee), dan Kanada.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (13/9/2021), Indonesia akan memulai perjuangan di Piala Sudirman dengan melawan ROC pada Minggu (26/9/2021). Setelah itu, Indonesia dijadwalkan berhadapan dengan Kanada (27/9/2021) sebelum bersua Denmark pada laga terakhir fase grup (29/9/2021).

Apabila melihat materi pemain yang dimiliki masing-masing negara pesaing, Denmark menjadi lawan terkuat bagi tim Merah Putih. Denmark juga memiliki sejumlah pemain papan atas, termasuk Viktor Axelsen, yang merupakan tunggal putra nomor dua dunia dan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Mengingat persaingan yang ketat, PBSI selaku induk bulu tangkis Indonesia pun tak mau main-main. Skuad utama dengan tambahan beberapa pemain muda siap diboyong ke Finlandia untuk membawa pulang Piala Sudirman. Tim Indonesia akan diperkuat tiga ganda putra terbaik, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Di nomor tunggal putra, PBSI juga menurunkan para pemain terbaiknya, yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Trofi piala Sudirman. (Foto: Viva)

Sementara itu, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung akan ditemani oleh pemain muda potensial Putri Kusuma Wardani yang pada Mei lalu berhasil menjuarai Spain Masters 2021. Selain Gregoria dan Putri, tunggal putri Indonesia dilengkapi oleh Ester Nurumi Tri Wardoyo yang menurut data PBSI baru genap berusia 17 tahun pada 26 Agustus lalu.

Selanjutnya, tim ganda putri akan diisi oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang merupakan peraih emas Olimpiade Tokyo dan Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Untuk ganda campuran, PBSI membawa dua pasangannya, yaitu Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Hingga saat ini baru tiga negara yang tercatat pernah menjuarai Piala Sudirman, yakni Indonesia, China, dan Korea Selatan.  Indonesia satu kali menjadi juara pada edisi perdana Piala Sudirman di Jakarta pada 1989.  Sementara itu, Korea Selatan mengoleksi empat gelar dan China merajai Piala Sudirman dengan catatan 11 titel. 

Jadwal Indonesia di Piala Sudirman 2021

Minggu (26/9/2021)

20.00 WIB – Indonesia vs ROC

Selasa (27/9/2021)

20.00 WIB – Indonesia vs Kanada

Rabu (29/9/2021)

14.00 WIB – Indonesia vs Denmark

Skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2021

Putra

Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra)

Jonathan Christie (tunggal putra)

Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra)

Marcus Fernadli Gideon (ganda putra)

Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra)

Mohammad Ahsan (ganda putra)

Hendra Setiawan (ganda putra)

Fajar Alfian (ganda putra)

Muhammad Rian Ardianto (ganda putra)

Praveen Jordan (ganda campuran)

Rinov Rivaldy (ganda campuran)

Putri

Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri)

Putri Kusuma Wardani (tunggal putri)

Ester Nurumi Tri Wardoyo (tunggal putri)

Greysia Polii (ganda putri)

Apriyani Rahayu (ganda putri)

Ribka Sugiarto (ganda putri)

Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri)

Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran)

Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran)

Comment here