Sport

Jokowi Tak Sebut Sepak Bola di Peringatan Haornas 2021

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Presiden Joko Widodo tidak menyebut ataupun menyinggung soal sepak bola dalam sambutan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021, Kamis (9/9/2021).

Ilustrasi sepak bola. (Foto: Pasundan Ekspres)

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berpesan kepada semua pihak untuk fokus bekerja mencetak talenta hebat di bidang olah raga. Sebab dengan 270 juta jiwa penduduk yang ada, Indonesia dinilai memiliki peluang besar menghasilkan atlet unggul yang bisa berprestasi di level dunia.

Jokowi menyebutkan 12 cabang olah raga yang diharapkan bisa berprestasi dan mendulang medali di kancah Olimpiade. Namun dari cabor-cabor yang disebut, Jokowi tidak menyebut sepak bola.

“Kita memiliki bibit unggul di berbagai olah raga, bulutangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung dan senam artistik,” sebut Jokowi dalam pidatonya dikutip dari CNN Indonesia.com, Kamis (9/9/2021).

Jokowi juga menyebut pencak silat dan wushu, yang belum masuk dalam daftar cabor dalam Olimpiade terakhir namun punya kans di pertandingkan pesta olahraga dunia selanjutnya.

“Serta dua cabang olah raga lain yang perlu dipersiapkan dengan baik, yaitu pencak silat dan wushu,” imbuh Jokowi.

Sementara itu, Timnas Indonesia punya cerita yang tak lekang ditelan zaman ketika tampil di Olimpiade 1956. Ketika itu dibawah asuhan Toni Pogacnik, Maulwi Saelan dan kawan-kawan sempat menahan tim kuat Uni Sovyet pada babak perempat final dengan skor 0-0, sebelum kalah 0-4 dalam laga ulang dua hari kemudian.

Itu merupakan satu-satunya penampilan Timnas Indonesia di putaran final Olimpiade. Selebihnya hingga kini, Skuad Merah Putih gagal menembus fase kualifikasi Olimpiade.

Sebelumnya Jokowi pernah memberikan perhatian lebih kepada sepak bola dengan menandatangani Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional pada Februari 2019.


Kemudian saat melantik Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, Jokowi juga menyoroti sepak bola. “Zainudin Amali, Menpora. Sepak bolanya, Pak,” kata Jokowi di sela-sela perkenalan Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka.

Comment here