Jaga Budaya

Jurnalis Maria Ressa dan Dmitry Muratov Jadi Pemenang Nobel Perdamaian 2021

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Jurnalis Maria Ressa dan Dmitry Muratov memenangkan hadiah Nobel Perdamaian 2021. Pengumuman pemenang Nobel dilakukan di Institut Nobel Norwegia di Oslo, Jumat, 8 Oktober 2021, seperti dilansir Tempo.co, Jumat (8/10/2021).

Penghargaan kepada dua jurnalis itu diberikan atas upaya mereka menjaga kebebasan berekspresi, yang merupakan prasyarat bagi demokrasi dan perdamaian abadi.

Keduanya adalah penerima Nobel Perdamaian ke-102. Sejumlah tokoh besar pernah mendapat penghargaan serupa termasuk Nelson Mandela, Martin Luther King Jr, tokoh oposisi Polandia Lech Walesa, pemimpin terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev dan empat Presiden Amerika Serikat (AS).

CEO dan Pemimpin Redaksi Rappler Maria Ressa dikawal oleh polisi setelah mengirim uang jaminan di Pengadilan Regional Pasig di Pasig City, Filipina, 29 Maret 2019. (Foto: Tempo.co)

Pemenang diundang ke Norwegia untuk memberikan kuliah Nobel. Mereka juga akan menerima hadiah uang senilai 10 juta kronor Swedia atau sekitar Rp 16 miliar.

Nobel adalah penghargaan prestisius yang dicetuskan oleh penemu dinamit dan pengusaha Swedia, Alfred Nobel. Sejumlah pemenang penghargaan Nobel untuk beberapa kategori telah diumumkan di antaranya Abdulrazak Gurnah untuk Nobel Sastra, Benjamin List dan David MacMillan untuk Nobel Kimia; David Julius dan Ardem Patapoutian untuk Nobel bidang fisiologi atau kesehatan; Syukuro Manabe, Klaus Hasselmann, dan Giorgio Parisi untuk fisika.

Seperti dikutip dari Reuters, pemenang Nobel Perdamaian diberikan kepada orang yang telah melakukan yang terbaik untuk memajukan persahabatan antarbangsa, penghapusan atau pengurangan tentara tetap, dan pembentukan dan promosi kongres perdamaian. Kategori ini menurut wasiat dari penggagasnya Alfred Nobel.

Comment here