Ekonomi

Kabar Gembira, 84 Persen UMKM Sudah Kembali Beraktivitas di 2021

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Kabar gembira. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mulai menggeliat di 2021 setelah mengalami pukulan besar di tahun lalu. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, 84 persen UMKM telah kembali beraktivitas di tahun ini.

“Dari kegiatan di 2021 ini, 84 persen sudah kembali beraktivitas,” kata Airlangga dalam Webinar Semangat dan Aksi Perempuan Andalan untuk Indonesia, dikutip dari Liputan6.com, Selasa (5/10/2021).

Sektor UMKM punya peran penting dalam perekonomian Indonesia. Jumlahnya mencapai 64,2 juta dengan kontribusi 61,51 persen atau Rp 9.850 triliun.

Suasana lapak pedagang kaki lima (PKL)di Jalan Sabang atau H Agus Salim, Jakarta, Jumat (27/8/2021). Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sedang mempersiapkan satu juta PKL untuk mendapatkan bantuan senilai Rp1 juta dalam bentuk tunai. (Foto: Liputan6)

Sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terpukul selama pandemi Covid-19. Sektor ini serapan tenaga kerjanya mencapai 90 persen dan menyerap investasi yang besar.

Dalam situasi ini, pemerintah telah mendorong pelaku UMKM untuk berpindah ke pasar online lewat berbagai platform jual beli yang ada. Berdasarkan laporan yang diterima, Airlangga menyebut ruang digital menjadi salah satu faktor UMKM bertahan di masa pandemi.

“Usaha mikro telah terdigitaliasasi dan ini juga menjadi salah satu hal untuk bertahan dalam masa pandemi,” pungkas Airlangga.

Comment here