Politik

KABNews.id Lahir untuk Menjaga Keutuhan Indonesia

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – “Kanal Anak Bangsa News dot id” atau “KABNews.id” yang merupakan “adik kandung” KAB TV diluncurkan, Rabu (1/9/2021). Sehari menjelang soft launching, Selasa (31/8/2021), host KAB TV Rudi S Kamri mewawancarai Karyudi Sutajah Putra, Pemimpin Redaksi KABNews.id yang kemudian ditayangkan di KAB TV. Berikut wawancara soal hal ihwal media online yang mengusung tagline “Untuk Menjaga Indonesia” tersebut, dikutip dari KAB TV. Petikannya:     

Apa pembeda antara KABNews.id ini dengan media lain?

Pada dasarnya semua media itu sama. Tapi kita akan lebih spesifik, mengambil ceruk yang belum banyak diambil oleh media lain. Kalau media lain independen sekadar independen, kritis hanya sekadar kritis, kalau KABNews.id ini independen tetapi berjarak (tidak lepas). Artinya, walaupun independent, tetapi kita tidak lepas dari prinsip pers yang bebas dan bertanggung jawab. Kritis bukan hanya sekadar kritis, kita kritis yang konstruktif. Kita juga, dalam narasi-narasi yang kita bangun nanti, akan menyampaikan solusi bagi bangsa ini, bukan malah menjadi masalah. Kita akan menjadi solusi, bukan justru menjadi bagian dari masalah bangsa ini.

Singkatnya, di KABNews.id ini kita akan melihat masalah yang ada di Republik ini dengan kacamata Merah Putih. Kita independent, pasti. Tapi kita juga kritis, dengan tetap menggunakan kacamata Merah Putih. Artinya, tetap memberikan kritik, tapi ada solusi?

Kita proporsional. Jadi, jika ada pemerintah atau pihak mana pun dari kacamata Merah Putih tadi out of the track, tetap kita kritisi. Sebaliknya, jika mereka sudah on the track, kita apresiasi. Jadi kita objektif. Kita independen dan proporsional.

Karyudi Sutajah Putra dan Rudi S Kamri (Sumber: Youtube).

Satu hal dari KABNews.id, yaitu membuat berita secara indepth reporting (laporan mendalam), di mana ini berbeda dengan media-media lain. Pertanyaannya, media online dan portal berita sudah banyak sekali di Indonesia, kira-kira kita masih bisa minta sahabat Indonesia untuk menoleh ke KABNews.id ini? Apa strateginya?

Ceruk pasar kita masih tersedia. Walaupun persaingan ini begitu ketat d media online, tapi kita melihat dengan kacamata Merah Putih. Kita bukan bersaing dalam kecepatan berita, karena kita ini ‘kan media baru, jadi resources-nya terbatas. Kita tidak bersaing di kecepatan, tapi pada angle (sudut pandang). Kita tawarkan kepada masyarakat bahwa kita berbeda, kita independen yang proporsional, bukan hanya kritis, tapi juga konstruktif.

Di KABNews rubrik apa saja yang ada?

Seperti pada umumnya media, tapi kita akan membuat rubrik yang mungkin tidak banyak digarap, yang tercermin dari berita-berita atau narasi. Kebanyakan yang dilupakan media online tentang budaya. Di media online lain budaya kurang ditonjolkan. Yang ditonjolkan lebih ke politik, ekonomi, hukum. Di KABNews.id juga ada rubrik-rubrik pada umumnya itu, tetapi kita lebih spesifik lagi, yang terlupakan bagi mereka. Kita akan menyediakan rubrik Hankam (Pertahanan dan Keamanan), misalnya. Pertahanan dan keamanan negara itu bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI dan Polri semata, tapi tanggung jawab semua komponen bangsa ini.

Selain ada rubrik Budaya dan Hankam, kita juga akan menampung citizen journalism (jurnalisme warga). Kenapa harus ada seperti itu?

Di era media digital ini, apalagi di media sosial, semua warga negara bisa menjadi wartawan. Bedanya, mereka bekerja bukan sebagai profesi, sehingga mereka tidak dilindungi Undang-Undang Pers (UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, red). Tapi pada hakikatnya mereka juga bisa menyampaikan informasi yang mereka dapat dari lapangan dan kehidupan sehari-hari ke publik, sehingga kita wadahi dengan rubrik Citizen Journalism. Apalagi suara masyarakat itu lebih jujur, tanpa rekayasa. Walaupun SDM (sumber daya manusia) kita terbatas, tapi dengan adanya rubrik itu, kita berharap seluruh masyarakat Indonesia bisa memberikan umpan balik di KABNews.id.

Ini salah satu upaya kita untuk menampung suara masyarakat karena mereka lebih jujur. Tanggal 1 September 2021 esok akan di-launching KABNews.id. Apa tujuannya?

Tujuan kita untuk menjaga Indonesia, maka tagline dari KABNews.id adalah “Untuk menjaga Indonesia”. Eksistensi kita akan kita pertaruhkan untuk menjaga NKRI ini agar tidak tercabik-cabik. Apalagi sekarang hoax begitu marak. Maka dari narasi-narasi yang kita sampaikan, kita akan counter hoax itu berdasarkan pengetahuan, pengalaman dan akal sehat.

Semoga KABNews ini bisa menjadi referensi informasi bagi masyarakat Indonesia. Kanal Anak Bangsa atau KABNews.id ini merupakan adik kandung KAB TV, yang punya tugas sejarah untuk menjaga Indonesia?

Betul, mudah-mudahan! KABNews.id lahir untuk menjaga keutuhan Indonesia.

Comment here