Politik

Kadernya Diviralkan Cuit Foto Tsamara-Anies ‘Antek Yaman’, Ini Klarifikasi Ansor

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – “Ini klarifikasi resmi dari PP Ansor. Tim Cyber Ansor sedang melakukan investigasi untuk membongkar siapa di balik akun yang mencatut foto kader Ansor tersebut,” kata Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Luqman Hakim dikutip dari detik.com, Sabtu (23/4/2022).

Ya, cuitan akun yang disebut milik kader Ansor berisi foto pernikahan eks-politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany serta menyebut ‘antek Yaman’ viral di media sosial (medsos). GP Ansor memberikan klarifikasi bahwa akun tersebut bukan milik kader mereka.

Akun @GusNadjb me-retweet salah satu akun yang berisi foto pernikahan Tsamara Amany dengan suaminya dan dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam retweet-nya, akun @GusNadjb menyebut ‘sesama antek Yaman saling berpelukan’.

Luqman Hakim menyebut Ansor telah memberikan klarifikasi di akun resmi mereka bahwa akun @GusNadjb bukan milik kader mereka. Ansor pun kini menyelidiki sosok di balik akun @GusNadjb.

Ilustrasi. (Foto: detikcom)

Dari salah satu foto yang viral, memang foto profile picture akun @GusNadjb berisi seorang mengenakan baju loreng Ansor dan peci, lalu foto akun itu berubah. Luqman Hakim menegaskan akun @GusNadjb mencatut foto kader Ansor dan mencuit soal Tsamara-Anies ‘antek Yaman berpelukan’.

“Yang bisa kami pastikan, akun itu secara tidak sah memakai foto kader Ansor. Kami belum tahu siapa pemilik akun itu yang sebenarnya. Tim Cyber Ansor sedang bekerja untuk melacak siapa pemilik akun itu,” ujar Luqman.

“Saya sarankan pemilik akun @GusNadjb untuk datang kepada pengurus Ansor terdekat secepatnya guna memberikan penjelasan dan meminta maaf telah mencatut foto kader Ansor,” imbuhnya.

Luqman Hakim juga membagikan video klarifikasi kader Ansor Muhammad Afifudin yang fotonya dicatut akun @GusNadjb. Dalam video itu, Muhammad Afifudin bersumpah akun @GusNadjb bukan miliknya.

“Setelah dihubungi sahabat-sahabat tentang viralnya foto saya pada akun Twitter yang beratas namakan @GusNadjb asal Pekalongan. Saya memberi klarifikasi itu bukan akun saya, jelas akun tersebut mencatut foto saya. Demi Allah itu bukan akun saya,” ucapnya.

Muhammad Afifudin mengatakan foto yang digunakan akun @GusNadjb adalah fotonya saat mengaji daring. Kader Ansor itu meminta pemilik akun @GusNadjb memberikan penjelasan karena telah mencatut fotonya.

“Jadi mohon yang merasa memiliki akun Twitter atas nama @GusNadjb untuk memberikan klarifikasi atas kegaduhan hari ini. Karena di situ foto saya menggunakan loreng Banser yang foto itu diambil dari video ketika saya dan sahabat-sahabat lainnya sedang ngaji online Ramadan di kedai kiaiku. Jadi sebelum terjadi apa-apa, suatu hal yang tidak kita inginkan sama-sama mohon yang memiliki akun Twitter atas nama @GusNadjb untuk memberikan klarifikasi,” imbuhnya.

Comment here