Jaga Budaya

Kadisdik DKI: Seluruh Sekolah di Jakarta Telah Gelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, mengatakan per 15 November 2021, seluruh satuan pendidikan di semua jenjang di DKI Jakarta telah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

“Pada 15 November 2021, seluruh satuan pendidikan di semua jenjang di DKI Jakarta telah melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas,” kata Nahdiana pada Evaluasi PTM Jakarta yang disiarkan secara daring, Selasa (23/11/2021), dikutip dari Kompas TV.

Nahdiana menjelaskan PTM terbatas merupakan langkah yang harus diambil dalam permasalahan kritis pembelajaran. “Kita tahu ini akan terjadi learning loss, semakin lama, semakin jenjang pendidikan semakin rendah, ini potensi akan semakin besar, dan pandemi yang kita alami hampir 2 tahun ini, maka disdik berupaya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi peserta didik,” ujarnya.

Nahdiana menekankan pihaknya melaksanakan PTM terbatas dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan perserta didik, tenaga pendidik, keluarga, dan masyarakat.

Ilustrasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). (Foto: Kompas TV)

“Semoga ini semua dalam rangka kita juga ingin anak-anak kita semua bisa terlayani dengan baik, kebutuhan mereka, kebutuhan pendidikan mereka bisa terlayani dengan baik,” ujarnya.

Diketahui, angka keseluruhan sekolah yang sudah gelar PTM yakni sebanyak 10.429 sekolah. “Total sekolah yang menyelenggarakan PTM terbatas terakhir total ada 7.610, ditambah 2.819 itu yang per 5 November 2021,” kata Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja, Rabu (17/11/2021).

Selain jumlah sekolah, Disdik DKI Jakarta juga sudah menambah waktu belajar tatap muka setelah Jakarta dinyatakan berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Penambahan waktu yaitu dari lima jam menjadi tujuh jam untuk jenjang SMA. Untuk jenjang SMP ditambah dari empat jam menjadi enam jam, sementara untuk SD dari tiga menjadi lima jam, dan PAUD dari dua jam menjadi tiga jam.

Comment here