Kesehatan

Kasus Covid-19 Lagi sejak Oktober-November 2023

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – “Iya, benar (ada kenaikan) kasus positif Covid-19,” kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama seperti dilansir Kompas.com,

Ngabila mengungkapkan, kasus positif Covid-19 di Jakarta meningkat lagi. Menurut dia, lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta terjadi sejak November 2023. Kok bisa?

Lonjakan kasus positif Covid-19 tercatat sejak 13 November 2023. Pada periode 27 November sampai 3 Desember 2023, jumlah kasus positif Covid-19 naik 30-40 persen dibandingkan minggu sebelumnya.

Ilustrasi. (Getty)

Namun, Ngabila tak menyebut angka kenaikan kasus positif Covid-19 tersebut. “Dalam satu bulan (November) itu naik 22 persen apabila dibandingkan bulan sebelumnya (Oktober),” ucapnya.

Menurut Ngabila, Indonesia sejatinya sudah masuk fase endemi Covid-19 sejak Juni 2023. Lonjakan kasus positif Covid-19 di Jakarta terakhir terjadi pada Mei-Juni 2023. Ia pun menegaskan, peningkatan kasus Covid-19 saat ini masih tergolong aman dan sangat terkendali. Hal itu dilihat dari tak ada kenaikan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit. “Masyarakat diimbau jangan panik, terus tingkatkan perilaku hidup bersih dan sehat,” tandasnya.

Nasional dan Internasional

Senada, Kementerian Kesehatan mengakui secara nasional kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat sejak akhir Oktober 2023 lalu akibat kemunculan subvarian baru dari Omicron, seperti EG.2 dan EG.5. Bagaimana gejalanya dan apa saja yang harus diwaspadai?

Kemenkes mengimbau agar warga tetap waspada setelah mereka mencatat peningkatan akumulasi kasus Covid-19 tiap pekan dalam beberapa waktu belakangan. “Ada peningkatan kasus, dari yang biasanya 10-20 kasus per minggu, pekan kemarin ada peningkatan sampai 267 kasus per minggu,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi seperti dilansir BBC News Indonesia, Kamis (7/12/2023).

Bahkan tak hanya di Indonesia, situasi serupa juga terjadi secara internasional di sejumlah negara Asia Tenggara lainnya, seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina. Kasus Covid di beberapa negara Asia Tenggara lainnya juga meningkat. Peningkatan kasus Covid-19 di kawasan ini menjadi sorotan, terutama karena terjadi menjelang musim liburan Natal dan Tahun Baru.

Comment here