Opini

Ketahanan Nasional di Tengah Pandemi Covid-19

Penulis: Mayjen TNI (Pur) Supiadin Aries Saputra

Ketahanan Nasional merupakan salah satu faktor penting dalam mengatasi pandemi Covid-19. Ketahanan Nasional harus dimulai dari ketahanan pribadi, keluarga, kelompok dan lingkungan yang akan bermuara pada Ketahanan Nasional.

Ketahanan Nasional merupakan kondisi dinamis suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri, baik langsung maupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara serta untuk mencapai tujuan nasional.

Ketahananan Nasional meliputi Asta Gatra, yaitu Geografi, Demografi dan Kekayaan Alam sebagai Tri Gatra (Gatra Statis) dan Ipoleksosbudhankam (ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan) sebagai Panca Gatra (Gatra Dinamis).

Untuk mengetahui seberapa besar tingkat Ketahanan Nasional, maka telah ditentukan Indeks Ketahanan Nasional yang meliputi 5 Level Score.

Indeks tertinggi adalah Score 5 : 4,2 s/d 5,0 (Sangat Tangguh), Score 4 : 3,4 s/d 4,2 (Tangguh), Score 3 : 2,6 s/d 3,4 (Cukup Tangguh), Score 2 : 1,8 sd 2,6 (KurangTangguh) dan Score 1 : 1,0 sd 1,8 (Rawan).

Dilihat dari indeks tersebut, maka berdasarkan hasil pengukuran Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional), score Ketahanan Nasional Indonesia sampai dengan akhir tahun 2019 (sebelum pandemi Covid-19) berada pada score 1,9 (Kurang Tangguh).

Mayjen TNI (Pur) Supiadin Aries Saputra. (Foto: Dokumen Pribadi)

Apabila dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 sejak 2020 hingga saat ini, rasanya score tersebut belum berubah mengingat kondisi saat ini cenderung tidak sebaik tahun 2019.

Hal ini bisa dilihat dari kondisi ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya serta pertahanan dan keamanan sejak pandemi Covid-19, 2 Maret 2020. Hal ini bisa kita lihat bagaimana respons “negatif” kelompok masyarakat dalam menyikapi Covid-19.

Seharusnya untuk menghadapi pandemi Covid-19, semua elemen bangsa bersatu padu membantu pemerintah melalui peningkatan Ketahanan Nasional pada semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ketahanan Nasional menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia. Ketahanan Nasional harus dibina serta dikembangkan terus menerus agar kehidupan masyarakat semakin terjamin.

Ancaman terhadap Ketahanan Nasional selalu akan muncul dan selalu berubah. Ancaman itu tidak harus dalam bentuk agresi militer, tetapi juga berbentuk bencana alam, konflik SARA (suku, agama, ras dan antar-golongan), narkotika serta ancaman penyakit seperti pandemi Covid-19 yang sedang kita alami saat ini.

Oleh karena itu menjadi sangat penting bagi kita untuk memahami konsep Ketahanan Nasional, membina dan mengembangkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Demikianlah, begitu pentingnya faktor Ketahanan Nasional bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini dan ke depan.

Comment here