Sport

Kini, Sepakbola Tak Kenal Jenis Kelamin

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Kesetaraan gender atau jenis kelamin ternyata merambah semua lini. Termasuk di sepakbola. Jika semula sepakbola identik dengan laki-laki. Kini kesetaraan gender dalam sepakbola mulai terwujud.

Seperti dilansir Tempo.co, Senin (28/8/2023), perlahan banyak perempuan yang ikut terlibat dalam sepakbola pria. Berbagai posisi dalam perangkat pertandingan sepakbola yang biasa diisi oleh pria kini mulai dijalankan perempuan.

Aksi Stephanie Frappart saat menjadi wasit dalam laga grup E Piala Dunia antara Kosta Rika melawan Jerman di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, 1 Desember 2022. Ketika memimpin laga tersebut, Stephanie Frappart didampingi oleh dua asisten wasit yang juga perempuan, yakni Neuza Ines Back (Brasil) dan Karen Diaz (Meksiko). (Tempo.co)

Berikut deretan perangkat pertandingan yang dapat diisi oleh wanita:

  1. Asisten Manajer
    Lazimnya, pelatih tim sepakbola putra ditangani oleh pria. Mulai dari pelatih kepala hingga staf pelatih kebanyakan pria. Namun bagi klub tertua di Belanda yaitu Sparta Rotterdam, hal itu tidak berlaku. Sebab, klub itu pernah memiliki seorang perempuan sebagai asisten manajer.
    Seperti dilansir dari laman englandfootball.com, Sarina Wiegman adalah perempuan tersebut. Pengalamannya berkecimpung di sepak bola putra membuatnya dilirik untuk menangani tim nasional pria. Sarina juga telah mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang menjadi asisten pelatih dalam gelaran Piala Dunia 2014 bersama dengan timnas Belanda. Sarina juga sempat ditunjuk sebagai pelatih sementara saat beberapa koleganya meninggalkan jabatan kursi kepelatihan.
  2. Pelatih
    Nama Sarina Wiegman dapat disejajarkan dengan nama manajer top dunia lainnya, karena dirinya merupakan wanita pertama yang pernah menjabat sebagai pelatih tim sepak bola pria, yakni Sparta Rotterdam. Selain itu, Sarina juga merupakan wanita Belanda ketiga yang berhasil mendapatkan lisensi kepelatihan UEFA pada 2016 lalu.
  3. Wasit
    Nama Stephanie Frappart pernah menggemparkan dunia setelah dirinya ditunjuk sebagai wasit wanita pertama yang akan menjadi wasit dalam pertandingan sepak bola pria. Seperti dilansir dari laman Olympics.com, selain nama Stephanie terdapat nama wasit perempuan lainnya yang bertugas di Piala Dunia Qatar 2022, yakni Yamashita Yoshimi, dan Salima Mukansanga.
  4. Asisten Wasit
    Selain sebagai wasit pertandingan, seorang wanita juga pernah bertugas sebagai asisten wasit dalam pertandingan sepak bola pria. Seperti dilansir dari laman Skysports.com, nama Sian Massey-Ellis merupakan salah satu nama asisten wasit perempuan pertama yang ditunjuk oleh Liga Primer Inggris sejak 2010 lalu, saat ini Sian menjadi asisten manajer yang bertugas dalam pengecekan VAR atau Video Assistant Referee.
  5. Anak Gawang
    Umumnya, anak gawang yang memiliki tugas untuk mengambilkan bola dari tepi lapangan didominasi oleh laki-laki, tetapi saat ini tugas anak gawang yang diambil dari akademi sepak bola klub secara setara dimiliki oleh anak laki-laki dan perempuan. Seperti dilansir dari laman Goal.com,pemilihan anak gawang baik dari akademi sepak bola laki-laki dan perempuan tergantung pada keputusan klub, misalnya Manchester City memilih mengisi posisi tersebut dari akademi sepak bola mereka dari kelompok usia 12 hingga 14 tahun.
  6. Dokter Klub
    Posisi tersebut merupakan suatu posisi yang krusial karena berkaitan dengan kebugaran fisik seorang pemain sepak bola. Seperti dilansir dari laman Bleacherreport.com, Chelsea pernah memiliki seorang dokter wanita, yakni Eva Caneiro yang terkenal karena merupakan musuh abadi Jose Mourinho.

Comment here