Hukum

KPK Resmi Ajukan Kasasi atas Putusan Bebas Samin Tan

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan memori kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas nama Samin Tan pada Kamis (9/9/2021). Hal itu menyusul adanya vonis bebas terhadap terdakwa kasus suap dan gratifikasi kepengurusan terminasi kontrak Perjanjian Karya Perusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) itu.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat menilai Samin Tan tidak terbukti melakukan dakwaan alternatif pertama dan kedua yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK.

Adapun memori kasasi itu diserahkan melalui kepaniteraan pidana khusus Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat. “Kami menilai Majelis Hakim pada tingkat pertama tidak menerapkan hukum sebagaimana mestinya,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dikutip dari Kompas.com, Jumat (10/9/2021)

“Utamanya terkait penerapan pembuktian unsur gratifikasi sebagaimana Pasal 12B Undang-Undang Tipikor,” ucap dia merujuk UU No 31 Tahun 1999 yang diperbarui dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor.

Samin Tan. (Foto: Tirto.id)

Padahal, ujar Ali, terkait pembuktian pasal tersebut, di beberapa putusan perkara lain dapat diterapkan, sehingga surat dakwaan jaksa dapat dinyatakan terbukti.

“KPK berharap, dalil dan argumentasi hukum tim Jaksa KPK dapat diterima dan diambil alih oleh Majelis Hakim pada tingkat kasasi,” ucap Ali.

Pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (PT BLEM), Samin Tan dikeluarkan dari Rumah Tahanan (Rutan) Polres Metro Jakarta Pusat, Senin (30/8/2021) malam.

Dikeluarkannya Samin Tan menyusul putusan Pengadilan Nomor: 37/Pid.Sus/TPK/2021/PN. Jkt.Pst tanggal 30 Agustus 2021 yang memvonis bebas Samin Tan.

Ali mengatakan bahwa amar putusan Pengadilan Tipikor tersebut antara lain memerintahkan terdakwa Samin Tan segera dibebaskan dari tahanan.

“Untuk itu, sesuai ketentuan maka tim Jaksa KPK saat ini telah mengeluarkan terdakwa dari Rumah Tahanan Negara Polres Metro Jakarta Pusat,” ujar Ali.

Comment here