Hukum

KPK Tetapkan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Tersangka Korupsi

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – “Untuk kepentingan penyidikan, kedua tersangka ditahan selama 20 hari pertama mulai hari ini 3 September 2021 sampai 22 September 2021,” kata Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri di Jakarta usai menetapkan Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono sebagai tersangka korupsi proyek pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tahun anggaran 2017-2018, seperti dilansir CNN Indonesia.com, Jumat (3/9/2021).

“Setelah KPK melakukan penyelidikan, kita menemukan bukti permulaan yang cukup dan kita tingkatkan ke penyidikan. Hasil kerja keras tersebut menetapkan dua orang tersangka,” tegas Firli Bahuri.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono ditetapkan KPK sebagai tersangka korupsi. (Foto: beritasatu.com)

Selain Budhi Sarwono, lembaga antirasuah itu juga menetapkan pihak swasta sekaligus orang kepercayaan bupati, Kedy Afandi (KA), sebagai tersangka. KA juga merupakan tim sukses bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Banjarnegara Tahun 2017.

Budhi ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK Kavling C1, sementara KA ditahan di Rutan KPK Pomdam Jaya Guntur, Jakarta Selatan.

Kedua tersangka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf i dan Pasal 12 B Undang-Undang (UU) No 31 Tahun 1999 yang kemudian dibuah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Dalam proses penanganan perkara ini, tim penyidik KPK telah menggeledah rumah dinas bupati. Dari upaya paksa itu diamankan berbagai barang bukti termasuk dokumen terkait perkara.

Spanduk Terima Kasih KPK

Pasca-penangkapan Budhi Sarwono, kini terpasang spanduk ‘Selamat Jalan Bupati’ dan ‘Terima Kasih KPK’ di Alun-alun Kabupaten Banjarnegera. Dikutip dari detikcom, Sabtu )4/9/2021), spanduk tersebut dipasang di dua titik di seputar Alun-alun Banjarnegara.

Belum diketahui siapa yang memasangnya dan hingga kini juga belum ada pihak yang mengaku memasang spanduk tersebut. Spanduk itu terpasang sejak dini hari dan hingga pagi ini masih nampak terpasang.

Pada spanduk-spanduk tersebut terdapat tulisan FBB dan Forjasi di bagian bawah. FBB merupakan Forum Banjarnegara Bersatu, sedangkan Forjasi adalah Forum Jasa Konstruksi.

Namun demikian, suasana di Alun-alun Banjarnegara terlihat sepi. Termasuk di sisi utara yang merupakan lokasi rumah dinas bupati juga terlihat tidak ada aktivitas berarti.

Comment here