Sport

Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong Panggil Jay Idzes ke Timnas Indonesia, Siapa Dia?

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – “Ya, (Jay Idzes) termasuk yang dipanggil,” kata Sumardji dikutip Tempo.co, Jumat (1/3/2024).

Diberitakan, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil pemain naturalisasi Jay Idzes ke Timnas Indonesia untuk pertandingan melawan Vietnam pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Hal ini dikonfirmasi oleh Sumardji yang merupakan Ketua Badan Tim Nasional (BTN).

Jay Idzes. (Instagram/jayidzes via Tempo.co)

Sumardji mengungkapkan pelatih asal Korea Selatan itu bakal mengumpulkan 27 pemain untuk persiapan laga kontra Vietnam pada 21 dan 26 Maret mendatang. “Sebanyak 27 pemain senior (dipanggil) untuk kualifikasi Piala Dunia,” ujar dia.

Polisi yang juga menjabat Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara Presisi Indonesia FC itu kemudian mengonfirmasi dari 27 nama yang dipanggil, pemain naturalisasi Jay Idzes termasuk di dalamnya.

Jay Idzes telah mengambil sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) pada Desember 2023, namun dia belum bermain untuk Timnas Indonesia karena cedera. Tetapi belakangan kondisinya pulih dan sudah kembali bermain bersama klubnya, Venezia di Serie B Liga Italia. Bahkan pada empat laga terakhir dia tampil penuh selama 90 menit dan berhasil membawa Venezia meraih tiga kemenangan serta satu hasil imbang.

Lalu siapa Jay Idzes?

Pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya itu merupakan nama naturalisasi teranyar Timnas Indonesia. Selain Jay Idzes, PSSI juga sedang mendorong proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes. Nathan diketahui tinggal mengambil sumpah, sementara Thom dan Ragnar sudah sampai ke DPR, sedangkan Maarten sedikit terkendala karena diisukan terganjal aturan FIFA soal player eligibility.

Timnas Indonesia sendiri akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah pada laga perdana kontra Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Maret. Sementara pada partai kedua, Skuad Garuda bertandang ke markas The Golden Star Warriors di Stadion Internasional My Dinh, Selasa, 26 Maret.

Sumardji mengatakan persiapan Timnas Indonesia akan dimulai dengan pemusatan latihan pada 18 Maret di Jakarta. Para pemain diperkirakan tiba dan berkumpul sehari sebelumnya pada 17 Maret.

Comment here