Sport

Laga Timnas Indonesia vs Argentina dalam FIFA Matchday Dianggap Dagelan, Ini Kata PSSI!

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Timnas Indonesia akan melawan Timnas Argentina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 19 Juni mendatang. Lantaran peringkat FIFA antara Indonesia dan Argentina “njomplang”, bahkan bak bumi dengan langit, maka laga Timnas Indonesia versus Juara Dunia 2022 itu dianggap sebagai dagelan belaka, atau hanya sekadar hiburan.

Namun, hal tersebut dibantah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga memastikan pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Argentina, yang juga akan diikuti Lionel Messi, akan berjalan serius karena ini merupakan bagian dari agenda FIFA Matchday. Hasil pertandingan akan berpengaruh terhadap peringkat kedua kesebelasan.

“FIFA Matchday lho ini. Kalo FIFA Matchday kan bukan entertainment, kecuali nanti pertandingan persahabatan. Kalo mereka (Argentina) kalah kan rugi betul, kalau seri juga. Makanya pasti akan serius mainnya,” ujar Arya Sinulingga dikutip dari Tempo.co, Selasa (29/5/2023).

Annggota Exco PSSI Arya Sinulingga. (Foto: dok. PSSI)

Arya yang juga Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengungkapkan target realistis yang ingin dicapai Timnas Indonesia dalam duel kontra Argentina yaitu hasil imbang.
“Kami berharap seri. Dapat poin kan? Lumayan dapat poin. Bola itu bundar lho, mana tahu pemain kita kesetanan tiba-tiba keluar semua jurus-jurusnya,” tutur Arya.

Dalam kalender FIFA Matchday Juni 2023 ini, pasukan Merah Putih akan melakoni dua pertandingan. Selain berhadapan dengan Argentina, mereka dijadwalkan melawan Timnas Palestina. Partai kontra tim asal Asia Barat itu rencananya berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, 14 Juni 2023.

Setelah berhasil mendatangkan Argentina, PSSI berencana memanfaatkan agenda FIFA Matchday untuk menggelar dua jenis pertandingan dalam setiap tahun.

Pertama, pertandingan untuk mencari ranking dengan menghadapi lawan yang tak berbeda jauh kualitasnya. Kedua, pertandingan untuk meningkatkan kualitas para pemain sekaligus komersialisasi sepak bola Indonesia dengan tim besar selevel Argentina.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sempat mengungkapkan ia telah menjalin komunikasi dengan federasi sepak bola Brasil, Maroko, Rusia, hingga Portugal untuk membahas kemungkinan mereka datang ke Tanah Air tahun depan.

“Saya sudah kontak dan dapat respons positif dari Maroko, Brasil, Portugal, Rusia, tapi kami hanya bisa pilih satu lawan setiap tahun. Kalau kami melawan tim kayak mereka terus, kapan Indonesia naik rangkingnya,” ucapnya, Rabu (24/5/2023).

Harga tiket Timnas Indonesia vs Argentina sudah diumumkan, mulai Rp600 ribu untuk kategori 3 hingga Rp4,250 juta untuk VIP Barat dan Timur.

Comment here