Politik

Laris Manis Gibran Disorongkan Maju Pilgub DKI

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta – “Kita di Solo dulu. Isu itu juga berkembang sebelum saya dilantik, mosok sebelum dilantik mikir Jakarta. Enggak, enggak, enggak, kita selesaikan Solo dulu,” kata Gibran Rakabuming Raka, Walikota Surakarta, Jawa Tengah, saat dijumpai di Benteng Vastenburg Solo, Sabtu (27/2/2021), dikutip dari detik.com, Senin (13/9/2021).

Gibran Rakabuming belum genap setahun memimpin Kota Solo setelah dilantik pada Februari 2021. Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo itu sudah laris manis disorongkan maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 mendatang.

Gibran sejauh ini menyatakan pekerjaan rumah sebagai Walikota Solo masih seabrek ketika menjawab isu maju Pilgub DKI Jakarta. Gibran menyebut isu dirinya maju Pilgub DKI bahkan sudah berembus sebelum Pilkada Solo.

Namun, sejumlah pihak dan tokoh menyatakan siap mendukung Gibran maju Pilgub DKI. Yang pertama adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Cak Imin siap mendukung Gibran maju ke Pilgub DKI Jakarta ketika menjawab peluang putra Presiden Jokowi itu mengikuti jejak sang ayah. “Siap, pasti siap (mendukung),” kata Cak Imin usai bertemu Gibran di rumah dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, Rabu (24/2021).

Gibran Rakabuming. (Foto: Independensi)

Namun, Cak Imin meminta Gibran membuktikan diri bekerja mengembangkan Kota Solo. Dengan kesuksesan di Solo, Cak Imin yakin Gibran bisa melanjutkan karier politik ke jenjang yang lebih tinggi. “Sangat bagus (jika Gibran maju Pilgub). Makanya sukses dulu di Solo, nanti bisa ke mana pun. Insyaallah-lah,” ujar Cak Imin.

Dukungan terhadap Gibran pun datang dari Partai Amanat Nasional (PAN). Menurut PAN, Gibran berpeluang menang karena elektablitasnya bagus. “Pilkada serentak akan diselenggarakan bulan November 2024, setelah Pemilu 2024 bulan April. Jika Mas Gibran berniat maju, berpeluang besar menang karena memiliki elektabilitas bagus. Tentu PAN akan mendukung di Pilkada DKI 2024,” kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Kamis (25/3/2021).

PAN, yang menjadi salah satu partai pendukung Gibran di Pilkada Solo, telah menyiapkan pasangan yang bisa mendampinginya di Pilgub DKI 2024. Viva memprediksi Gibran dapat berpasangan dengan Zita Anjani, yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Terbaru, Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta memanggil Walikota Solo Gibran Rakabuming dengan panggilan ‘Gus Gibran’. PWNU DKI menilai Gibran layak memimpin Ibu Kota.

Sebutan ‘Gus Gibran’ itu dilayangkan pertama kali oleh Ketua PWNU DKI Samsul Ma’arif serta Ketua Satgas Donor Darah dan Plasma Konvalasen PWNU DKI KH Asyik Samsul Huda ketika Gibran menghadiri acara donor darah PWNU DKI. Acara tersebut juga dihadiri Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

“Menurut hadis, khoirunnas anfauhum linnas, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu, PWNU DKI terus berusaha menjadi yang bermanfaat bagi masyarakat. PWNU sebelumnya berhasil menyelenggarakan NU Peduli Isoman dan sekarang PWNU DKI berhasil menyelenggarakan donor darah dan plasma konvalesen yang alhamdulillah sekarang ditinjau langsung oleh Wagub DKI Jakarta dan juga Gus Gibran, putra Presiden, yang langsung berangkat sendiri dari Solo,” kata Huda.

Samsul berpendapat ‘Gus Gibran’ sudah waktunya memimpin cakupan wilayah yang lebih besar lagi. Jakarta, terang Samsul, dinilai jadi wilayah yang cocok untuk Gibran. “Layak memimpin Jakarta,” ujar Samsul Ma’arif kepada detikcom, Sabtu (11/9/2021).

Comment here