Sport

Lionel Messi dan Pepp Guardiola Nominator Pemain dan Pelatih Terbaik Eropa 2022-2023

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Siapa Kapten Timnas Argentina? Siapa lagi kalau bukan Lionel Messi. Ada kabar gembira lho, soal Messi? Ia menjadi nominator pemain terbaik Eropa musim 2022-2023. Untuk palatih, Pepp Guardiola masuk nominasi pertama pelatih terbaik Eropa 2023.

Dikutip dari Tempo.co, Jumat (18/8/2023), UEFA telah resmi mengumumkan tiga nama yang bakal bersaing memperebutkan gelar individual tersebut.

Selain Messi, dua pemain yang masih dalam daftar nominasi adalah duo asal klub Manchester City, Erling Haaland dan Kevin De Bruyne. Keduanya mampu membawa The Citizens menjuarai Liga Champions musim lalu.

Bagi Messi, ini merupakan nominasi keenam sepanjang sejarah penghargaan dibuat. Kapten Tim Nasional Argentina itu sebelumnya telah menyabet dua penghargaan pemain terbaik Eropa saat masih membela Barcelona pada musim 2010-2011 dan 2014-2015.

Lionel Messi dan Pep Guardiola. (Bola.net)

Nominasi pemain terbaik Eropa 2022-2023 ditentukan melalui sistem voting yang diikuti jurnalis dan pelatih dari klub Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Conference, serta pelatih tim nasional anggota asosiasi UEFA. Mereka diminta untuk menentukan tiga nama teratas, sekaligus memberikan poin ke tiap pemain dalam daftarnya masing-masing. Hasil akhir nominasi merupakan kalkulasi dari poin yang diberikan.

Dari voting tersebut kemudian muncullah tiga nama teratas dengan poin tertinggi, yakni Lionel Messi, Kevin De Bruyne, dan Erling Haaland. Selain mereka, terdapat beberapa pemain lain yang juga menerima voting, namun jumlah poinnya masih berada di bawah, seperti misalnya Ilkay Gundogan dan Rodri, pemain Manchester City lainnya yang menempati urutan keempat dan kelima.

Kemudian ada mantan rekan setim Messi di Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe yang hanya berada di posisi enam. Lalu ada Luka Modric (Real Madrid), Marcelo Brozovic (Inter Milan, sekarang Al Nassr), Declan Rice (West Ham United, sekarang Arsenal), Alexis Mac Allister (Brighton, sekarang Liverpool), dan Jesus Navas (Sevilla).

Pelatih Terbaik

UEFA juga telah mengumumkan tiga nominasi pelatih terbaik Eropa 2022-2023. Mereka adalah Pep Guardiola (Manchester City), Simone Inzaghi (Inter Milan), dan Luciano Spalletti (Napoli).

Pep Guardiola menjadi unggulan setelah mempersembahkan gelar Liga Champions untuk klubnya musim lalu. Selain itu, dia juga membawa The Cityzen meraih treble dengan memenangkan Liga Inggris dan Piala FA.
Pengumuman pemenang penghargaan bakal disampaikan bersamaan dengan undian fase grup Liga Champions 2023-2024 di Grimaldi Forum, Monaco, Kamis (31/8/2023).

Comment here