Politik

Lodewijk Paulus, Mantan Danjen Kopassus Calon Pimpinan DPR

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus resmi diajukan sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin yang kini menjadi pesakitan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Keputusan itu diambil dalam rapat pleno di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021). Kemudian usulan itu diserahkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada Ketua DPR RI Puan Maharani di DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

“Tentu ini kami berharap proses pengajuan Wakil Ketua DPR bisa disampaikan dalam Rapat Paripurna dan berproses sesuai mekanisme DPR RI,” ujar Airlangga Hartarto di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (29/9/2021).

Lodewijk sebelumnya lama berkiprah di dunia militer. Pria kelahiran Manado 27 Juli 1957 itu lulus dari Akademi Militer tahun 1981. Dia awalnya menjabat Komandan Peleton (Danton) Kopassandha yang kini bernama Kopassus.

Sekjen Golkar Lodewijk Paulus diprediksi menjadi pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. (Foto: CNN Indonesia)

Karier militernya banyak dihabiskan di korps baret merah. Sampai pada akhirnya, pada 2009 ia dipilih menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus menggantikan Pramono Edhie Wibowo.

Namun, ia hanya menjabat dua tahun sebagai Danjen Kopassus sebelum akhirnya ditugaskan menjadi Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan pada 2011 hingga 2013.

Akhir kariernya di militer dihabiskan sebagai Komandan Komando Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI Angkatan Darat (AD) menggantikan Gatot Nurmantyo pada 2013 hingga 2015. Ia pensiun dari TNI dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal.

Setelah malang-melintang di dunia militer, Lodewijk memutuskan terjun ke dunia politik dengan bergabung ke Partai Golkar. Ia sempat mengisi posisi Ketua Koordinator Bidang Kajian Strategis di Golkar pada 2016.

Karier politiknya semakin menanjak ketika Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menunjuknya sebagai Sekjen pada 2018. Setahun berselang, Lodewijk terpilih sebagai anggota DPR RI Periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I. Sedangkan Azis Syamsuddin yang akan digantikannya berasal dari Dapil Lampung II.

“Haji Lodewijk di Komisi I. Haji Lodewijk purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir letnan jenderal bintang 3 dan mewakili Lampung di 2019-2024,” kata Airlangga.

Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani mengaku sudah menerima surat resmi dari Airlangga terkait pengunduran diri Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. Pihaknya juga menerima usulan nama dari Golkar untuk pengganti Azis.

“Kami juga sudah menerima langsung surat usulan nama pimpinan DPR RI menggantikan Azis. Maka DPR akan memproses penggantian pimpinan dari Partai Golkar,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Comment here