Hankam

Mahfud: TNI-Polri Siap Amankan Presidensi G20 2022

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – “TNI dan Polri sudah kami siapkan untuk mengamankan pelaksanaan Presidensi G20 tahun 2022,” ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md dalam persiapan menuju Presidensi G20 2022, dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/9/2021).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini memastikan, TNI dan Polri sudah siap mengamankan rangkaian kegiatan Presidensi G20 2022 Indonesia. Indonesia, kata Mahfud, selama ini dikenal sebagai negara yang sukses, ramah, dan mengesankan dalam menyelenggarakan even-even internasional.

Menurut dia, penyelenggaraan Presidensi G20 akan menentukan citra dan kehormatan bangsa dan negara Indonesia di dunia internasional. Untuk itu, pihaknya tidak akan mentoleransi apabila muncul ancaman ketika pelaksanaan G20. “Sudah bertekad untuk tidak memberikan toleransi atas munculnya ancaman dalam bentuk apa pun yang dapat merusak citra dan kehormatan bangsa Indonesia,” ucap Mahfud.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. (Foto: Republika.id)

Karena itu, Mahfud berharap masyarakat Indonesia juga ikut berpartisipasi aktif untuk menyukseskan penyelenggaraan G20 2022. “Sehingga para tamu negara dan seluruh delegasi dapat melaksanakan tugasnya dengan aman dan nyaman. Bukan hanya aman, tapi juga nyaman,” kata dia.

Adapun serah terima Presidensi G20 2022 Indonesia akan dilakukan pada saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2021 di Roma, Italia, 30-31 Oktober 2021. Sementara itu, Presidensi G20 Indonesia terdiri dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), pertemuan tingkat menteri dan gubernur bank sentral, pertemuan tingkat sherpa, pertemuan tingkat deputi, pertemuan tingkat working group, pertemuan tingkat engagement group, program side events, dan program Road to G20 Indonesia 2022.

Comment here