Hankam

Marak Penyerangan Ustaz, Polri Jamin Usut Setiap Kasus

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id– Mabes Polri memastikan jajaran kepolisian di seluruh Indonesia akan mengusut setiap kasus penyerangan terhadap ustaz atau penceramah agama yang kerap terjadi dalam beberapa waktu terakhir ini.
“Kami usut setiap kejadian yang ada,” kata Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (23/9/2021).

Dalam hal ini, Argo turut menanggapi sejumlah desakan dari organisasi masyarakat (ormas) atau pun kelompok keagamaan untuk mengusut motif dari setiap pelaku penyerangan. Termasuk sebelumnya, Muhammadiyah sempat meminta agar aktor intelektual di balik maraknya penyerangan tokoh agama tersebut turut dibongkar. “Semoga tidak ada (aktor intelektual). (Polisi) tetap melaksanakan tugas sesuai prosedur,” kata Argo.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti sebelumnya meminta agar pengusutan kasus penyerangan ustaz dirampungkan sesegera mungkin hingga otak kejahatan tersebut.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono. (Foto: Pikiranrakyat)

Ia khawatir jika perkara dibiarkan berlarut maka akan berkembang spekulasi dan provokasi yang meresahkan masyarakat. Oleh sebab itu, Mu’ti meminta agar umat Islam tetap tenang dan tidak terprovokasi.

“Secara pribadi dan atas nama PP Muhammadiyah kami menyampaikan belasungkawa yang mendalam untuk para ustaz yang menjadi korban. Baik yang wafat maupun sedang dirawat,” ucap Mu’ti.

Dalam beberapa hari terakhir, marak terjadi penyerangan terhadap tokoh agama di beberapa wilayah. Salah satunya menimpa Ustaz Abu Syahid Chaniago yang diserang oleh orang tak dikenal saat sedang berceramah di Masjid Baitussyakur, Batam, Kepulauan Riau.

Kemudian, di Kota Tangerang juga sempat terjadi peristiwa serupa di mana seorang tokoh agama berinisial A (43) dan kerap disapa ustaz Alex ditembak oleh orang tak dikenal.

Comment here